Sunday, June 19, 2005

Berdiskusi & Mengkaji, 19 Juni 2005


Ivan, Rifky, Obby, Nita, Bella & Dewi.At backyard sambil menunggu Ust.Fauzi

Assalamualaikum,

Berhubung ada request dari beberapa temen di multiply untuk memposting review tentang acara diskusi kajian Islam yang saya adakan, maka saya coba tulis lagi disini berikut foto-fotonya.

Alhamdulillah, diskusi & kajian Islam ini berlangsung dengan lancar di rumah saya yang dihadiri oleh mas Iwan mewakili kubu multiply, Nita mewakili kubu friendster dan temen-temen yang lain.Maksudnya mas Iwan ini saya kenal lewat multiply lalu tertarik untuk ikutan, begitu juga dengan Nita yang saya kenal lewat friendster dan dia baru mulai ikut multiply.Insya Allah persahabatan kita tetap dilandasi semangat untuk mempelajari Islam lebih dalam.Amin

Acara ini saya buka dengan beberapa topik pembukaan yaitu tentang mengapa saya tertarik untuk membuat acara diskusi dan kajian seperti ini.Ketertarikan ini tidak lain karena akhir-akhir ini saya sering melihat betapa Islam ini hanya menjadi semacam stempel aja dan seperti hanya budaya ikut-ikutan karena orang tua dan nenek moyang kita memeluk Islam juga, tanpa mengetahui esensi dari Islam itu sendiri.Kurangnya pemahaman esensi beribadah dalam Islam pun membawa pengaruh cukup besar dalam kehidupan seseorang, maka tidak heran ketika ada seseorang yang taat menjalankan shalat lima waktu tapi ruang batinnya tetap merasa "kosong" dan mudah untuk goyah.

Pengetahuan tentang ilmu agama yang dianut sejak lahir pun kadang dirasa sangat kurang dan bahkan ada beberapa yang tidak mendapatkan samasekali dan ini bisa membuka pintu-pintu yang sering digunakan penganut paham aliran yang menyimpang dari Al Qur'an dan As Sunnah untuk menyuntikkan doktrinnya.Tentang cara mendapatkan ilmu, Rasulullah pernah bersabda, "Wahai orang-orang yang beriman, sesungguhnya ilmu itu didapatkan dengan cara belajar, dan kepahaman diperoleh dengan cara memahami, dan jika Allah menghendaki kebaikan kepada seseorang maka Dia akan menjadikannya sebagai orang yang ahli fiqih" [HR.Thabrani].Amin

Pemahaman tentang ilmu-ilmu yang merupakan fondasi Islam seperti Al Qur'an dan ilmu hadist sangat diperlukan untuk menangkal berbagai macam pemikiran orientalis yang akhir-akhir ini semakin berusaha membuat Islam jauh dari fondasi dasar yaitu Qur'an dan As Sunnah.Bagi saya pribadi, saya melihat kalangan yang berusia 20-35an sangat rentan untuk disusupi pemikiran semacam ini, oleh karena itu diskusi kajian Islam ini saya adakan lebih kepada target usia tersebut.Berbeda dengan generasi yang lebih tua, pemahaman mereka tentang Islam kemungkinan besar sudah mantep dan tidak mudah untuk goyah.

Pembicara di diskusi ini adalah Drs.H.M.Fauzi Nurwahid, anggota dari komisi pendidikan dan dakwah PERSIS.Setelah selesai pembukaan, beliau memulai sesi pertama yaitu menceritakan sejarah Islam, Rasulullah saw dan kisah-kisah para sahabat.Dari situ bergulir ke masalah hadits dan pengertian dasar ilmunya, lalu bergulir lagi kepada masalah perkawinan.Perkawinan ? iya, karena kebetulan dari yang hadir ada yang baru tiga bulan menikah, yaitu Ivan dan Bella, dan juga diantara kita yang hadir disitu ada yang sudah berniat untuk menyempurnakan setengah dari agama Islam.Alhamdulillah, semoga bisa dapet jodoh yang seperti di ungkapkan Ust.Fauzi, yaitu utamakanlah dalam mencari pasangan itu dilihat dari ketaatan beribadahnya.

Tidak lupa juga ada pembahasan singkat tentang aliran-aliran menyimpang .Setelah itu seperti biasa, sesi terakhir adalah tanya jawab.Acara pun berakhir jam 19:30.Mudah-mudahan yang kemarin hadir bisa mendapatkan manfaat dari diskusi dan kajian Islam tersebut.Amin


"Barangsiapa yang menempuh jalan yang menuju ke pengetahuan, Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga, dan para malaikat mengembangkan sayapnya karena senang pada orang yang mengincar ilmu, serta seluruh penghuni surga dan bumi bahkan ikan di kedalaman lautan, memohon ampunan untuknya"
[HR.Ibnu Hanbal 196]


Wassalamualaikum

31 comments:

  1. Alhamdulillah, semoga terus berlanjut kajiannya, step by step... dan kawan-kawan dicerahkan hatinya utk berislam dengan lebih kaaffah, insyaAllah.
    Selamat utk Mas Indra yang telah memfasilitasi, insyaAllah dihitungNya.

    ReplyDelete
  2. wuiihh... backyardnya sejuk bangetttt....

    ReplyDelete
  3. hwaaaa.. Indra...! ada-in lagi yaaaa.... Insya Allah gw hadir..

    ReplyDelete
  4. Subhanalloh Akh Indra, suatu benih kebaikan telah antum tanam di sini, yang awalnya hanya berawal dari pertemuan dari dunia maya, kini berlanjut di dunia nyata. Apalagi melihat pada audiens yang hadir.
    Insya Alloh bola salju terus bergulir, Akhi... Mudah-mudahan Alloh swt. membalas jerih payah antum.
    Sayang ana belum bisa mencontoh apa yang antum lakukan. Tapi bisa menjadi inspirasi bagi yang lainnya juga, insya Alloh...
    Baarokalloohu lakum.

    ReplyDelete
  5. Mas Indra...serem amat yang ini fotonya....ada yang nyamar-nyamar...^__^..makasih ya fotonya, padahal di request kan kaga pake poto hi hi...I wish I were there, in the pic maksudnya ^__^..kiddin'

    ReplyDelete
  6. Amin, terima kasih atas doanya ya mba

    ReplyDelete
  7. Insya Allah diskusi ini bakal ada sebulan sekali, kalau yang bulan depan udah fix tanggal nya nanti di kabarin lagi ya. :)

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah, ana masih dikasih nikmat dari-Nya berupa ilmu dan fasilitas untuk berbagi ilmu, ana rasa akan sangat ngga adil kalau ana sendiri yang punya ilmu itu dan ana seperti punya kewajiban untuk berbagi ilmu dengan yang lain.Insya Allah apa yang ana lakuin ini bisa punya nilai lebih di hadapan-Nya dan bermanfaat untuk yang lain.Terima kasih atas doa antum, mudah-mudahan kita termasuk yang diberi nikmat Islam dan iman dari-Nya

    Jazakallah khairan katsiran

    ReplyDelete
  9. Iya itu Farrell :), kapan2 kalau ke Jakarta tengok2 ya hehe

    ReplyDelete
  10. iyaaaaaaaa.......... gw tunggu yaaaaa.........

    ReplyDelete
  11. Akhi...Barakallahu fiikum...cuma itu yang dapat ana ucapkan...Tetep istiqomah yaa Akhi....

    ReplyDelete
  12. Jazakallah atas doanya akhi, mudah2an kita selalu ditunjukan jalan yang lurus dan jalan yang hanya di ridhai-Nya.Amin

    ReplyDelete
  13. Ini foto kok kaya' ada penampakan :)
    Kidding ...
    Dua frame ketumpuk jadi satu ya?

    ReplyDelete
  14. Itu memang penampakan dari jin muslim.............

    you know i'm just kidding ! hehe foto itu terjadi karena speed di kamera terlalu rendah, kalau ngga salah saya pakai speed 4, dan harusnya dengan speed segitu saya gak bisa foto pakai tangan, harus pakai tripod...maka terjadilah gambar "penampakan" itu :)

    ReplyDelete
  15. alhamdulillah...bs hadir lagi dipengajian ini...manfaat yg dipetik banyak banget..at least that's what i feel..bagus banget untuk temen2 yg butuh penyejuk iman..oase buat hati kita lho..ciee...hehehe..dasar gk bs serius!!
    buat indra...thx ya..insya Allah dibales sama Allah dengan pahala yg berlipat ganda..amiin...

    ReplyDelete
  16. Iya bener, motret handheld minimal dengan kecepatan 1/60, kalau kurang dari itu tapi pingin handheld juga mending Aperture (diafragma)nya di buka lebih lebar.
    Kalau toh kepepet, bisa ngotot motret handheld dengan kecepatan rendah tapi pake tahan nafas :)

    ReplyDelete
  17. sip ! thanks atas tips nya ya :)

    ReplyDelete
  18. berarti kalo saya ikutan, saya mewakili friendster dan multiply sekaligus? hoho

    ReplyDelete
  19. hahaha dasar ! kapan mau ikutan mal ?

    ReplyDelete
  20. alhamdulillah, teman-teman sudah bisa menggelar diskusi Islam. di mana sih lokasinya?

    ReplyDelete
  21. ntar... lagi mati2an menjelang sidang nih!

    ReplyDelete
  22. Ini yang kapan Ndra ?, kok abah nggak dikasih tau ?

    ReplyDelete
  23. eh sorry, saking semangatnya mau ikutan nggak lihat tanggal posting diatas....:)

    ReplyDelete
  24. hehehe ngga papa bah, ini yang tanggal 19 Juni lalu..hehe dijawab juga. Kalau ada lagi mau ikut bah ?

    ReplyDelete
  25. Insya Allah, tapi kasih kabarnya jangan mendadak ya.

    ReplyDelete
  26. siap bah ! kemungkinan yang berikutnya tanggal 25 Sept, tapi nanti kl udah fix dikabarin lagi, sekalian saya sama mas Iwan juga ada rencana mau ke Bogor ke tempat abah kl boleh hehe

    ReplyDelete
  27. Kalau mau ke Bogor, pasti ditunggu sama abah. BTW tgl 25 malem apa siang. Soalnya abah ada acara lamaran tuh, nganter keponakan mau ngelamar di tangerang.

    ReplyDelete
  28. Biasanya saya adain sore bah jam 3-4an, mudah-mudahan bisa bah. Nanti saya mau ngobrol lagi sama mas Iwan kapan kita mau silahturahmi ke Bogor :)

    ReplyDelete
  29. Jujur...abah juga ingin belajar dari kalian yang muda2, namun pengetahuan agamanya telah mendalam.

    ReplyDelete
  30. Maksudnya telah mendalam gimana bah ? kita masih pemula dalam ilmu agama, tapi alhamdulillah temen-temen di sekitar saya akhir-akhir ini banyak yang haus ilmu agama. Sayang kalau sampai kehausan itu ngga diberi wadah lalu diisi air dan yang namanya haus semua yang tua-muda pasti bisa merasakan haus...kita sama-sama belajar bah :)

    ReplyDelete