Wednesday, March 1, 2006

Umroh trip, 10-20 Juli 2005 (Re-post)





Assalamu'alaikum,


Sebenernya sebagian foto-foto umroh ini sudah pernah saya post di album foto mp ini. Cuma yang dulu size nya kecil-kecil dan kurang banyak yang saya upload dan yang sekarang ini saya tambah lagi sekalian info-infonya juga sizenya saya biarkan original supaya bisa sekalian backup. Soalnya beberapa bulan yang lalu harddisk saya sempat crash dan foto-foto umroh ini sempat ikut hilang data-datanya. Makdar it, saya re-post lagi deh foto-foto itu disini. Dan jujur, ini saya re-post juga karena tiba-tiba kangen dengan suasana selama umroh, mulai dari persiapan berangkatnya, deg-degan di pesawatnya, sampai momen dimana airmata mesti jatuh ketika bersujud di depan Ka'bah.

Kenangan di Ka'bah

Ka'bah, sesuatu yang hampir selama 24 tahun hanya saya lihat di majalah, tv dan sajadah, alhamdulillah tahun kemarin saya diberikan kesempatan untuk melihatnya dan menyentuhnya secara langsung. Jelas ada perasaan yang berbeda ketika bersujud di sajadah yang ada gambar Ka'bahnya dibandingkan ketika sujud dan beberapa meter di depan kita adalah Ka'bah. Rasanya saat itu adalah momen yang susah untuk dilupakan.

Ketika pertamakali saya dan rombongan umroh masuk ke dalam masjidnya, saya selalu deg-degan. Saya memikirkan, ya Allah apakah hamba-Mu ini sudah cukup suci dan layak mengunjungi Ka'bah-Mu ?. Berbagai macam pertanyaan khawatir selama perjalanan dari hotel menuju Ka'bah selalu terngian-ngiang di telinga saya. Dan ketika rombongan kami  mulai masuk ke dalam masjid, akhirnya saya sedikit demi sedikit mulai melihat bangunan berbentuk kotak hitam itu. Setelah jarak kami dan Ka'bah tinggal beberapa meter, saya tidak kuat menahan airmata. Semua perasaan campur aduk disitu dan mungkin bisa dibilang itu adalah airmata campur aduk antara terharu, takut dan gembira.

Setelah melakukan thawaf di sekeliling Ka'bah, rombongan kami melakukan sholat sunnah masing-masing di dekat maqom Ibrahim. Ketika sujud terakhir itulah saya panjatkan permohonan ampun atas segala dosa yang saya lakukan selama puluhan tahun ini. Saya sampai tidak sadar berapa lama saya sujud, tapi yang pasti ketika selesai salam, rombongan saya sudah menunggu semua di belakang saya.

Setelah itu kami menuju tempat sa'i. Ketika berjalan menuju tempat sa'i itu saya tidak tahu kalau kita menuju kesana dan saya kira rombongan saya itu sudah akan menuju ke hotel kembali. Disitu saya tidak kuat menahan airmata lagi karena saya pikir itu akan menjadi terakhir kalinya saya melihat Ka'bah. Seorang teman bertanya kenapa saya menangis dan saya jawab apa adanya yang saya tahu. Dia malah tersenyum sambil berkata, "Jangan kuatir, tiga hari kedepan Ka'bah ini milikmu dan boleh kamu datangi kapan saja kamu mau". Setelah mendengar penjelasannya tiba-tiba saya ingin mengatakan bahwa airmata saya ini disebabkan debu yang terbang :).

Duh kangennyaa.....Yuk ikut saya "umrah virtual" lewat foto-foto ini. Insya Allah di sebagian besar foto-foto ini ada info-info plus cerita yang mungkin bermanfaat buat temen-temen mp semua. Mudah-mudahan yang belum berkesempatan mengunjungi tanah suci, bisa segera dimudahkan jalannya oleh Allah. Amin Ya Robbal Alamin. :)


Wassalamu'alaikum


62 comments:

  1. subhanallah indah banget ya ...
    btw, denger2 katanya gak boleh motret di area masjidil Haram dan ka'bah ?

    ReplyDelete
  2. Iya sebenernya ngga boleh karena takutnya nanti rame orang kesana hanya untuk jadi obyek wisata dan tempat foto-foto :)

    ReplyDelete
  3. subhanallah, alhamdulilah, akhirnya kesampaian ya, i wish i can go there some time.

    ReplyDelete
  4. subhanallah...mata ini berkaca-kaca..
    aminkan doa saya bahwa semoga suatu saat saya akan kesana juga...

    ReplyDelete
  5. Fotonya indah-indah
    mudah2an kami juga diberi kesempatan oleh Alloh untuk mengunjungi rumah-Nya

    ReplyDelete
  6. amiiiiiiin............doain ya...sekalian haji...

    ReplyDelete
  7. rajin banget nDra, bikin jurnal perjalanan
    tapi emang bener, bisa lebih mengena kalo' tulisannya fresh saat kejadian :)
    semoga suatu hari bisa kesana, dan bikin jurnal perjalanan

    ReplyDelete
  8. brief explaination but great information..subhanalloh..jazakalloh ya ceritana :)

    ReplyDelete
  9. itu masjidil haram ya? bagus yah :)

    ReplyDelete
  10. iyah..indah :) ngomong2 yang buat tu saha nya? jaman skarang kyana sbagus2na masjid gatau d..saya juga lom perna ksana..tapi kayana beda ajah :">

    ReplyDelete
  11. oh,..nabi Ibrahim yang buat...hehe afwan masih awam euy :"> tapi ngomong2 subhanalloh hebat euy bisa bikin sndiri..brati..fentilasinya pasti tinggi banget yah..kan katana orang tdahulu tuh besar2...?

    ReplyDelete
  12. subhanallah bagus bgt..
    kapan ya aku bisa kesana ???

    ReplyDelete
  13. Asssiiiiknya mas Indra udah Umroh hiks..saya kapan ya gilirannya
    Sayang sekali dulu ortu saya gk ada photo2 seperti mas Indra ini..karena ortu kan agak susah memakai kamera :( hiks

    ReplyDelete
  14. Iya mba, buku kecil itu selalu saya bawa-bawa di tas pinggang kalo sedang dalam perjalanan jauh. Soalnya kadang inspirasi itu datengnya ngga kenal waktu :)

    ReplyDelete
  15. iya amin. Kebetulan aja dapet infonya dari Google :)

    ReplyDelete
  16. Iya beda lho, rasanya gimanaa gitu pas sholat disana :) mudah-mudahan dimudahkan jalannya kesana ya

    ReplyDelete
  17. Banyak berdoa dan usaha ya mba. Semoga dimudahkan :)

    ReplyDelete
  18. Amin ! kalo kesana jangan lupa doakan saya juga akh supaya bisa kembali :)

    ReplyDelete
  19. Guess what... guess what... guess what...
    i just talked to my dad.. eh tiba2 si papa nyinggung2 masalah umrah ndra... iiiiiiiii pak indi psychic ndraa.. padahal juwie nya blom ngomong apa2... jd bengong... (upss maap kok juwie jd rame sendiri sih.. =D behave dong juwie)

    ReplyDelete
  20. mudah2an aku dapat kesempatan untuk mengunjungi rumah allah ini bersama suami.. amin..

    ReplyDelete
  21. Trus trus gimana ? jadi dong nih ya berangkat ? hehe

    ReplyDelete
  22. Ceritanya dong.... Masjid Qiblatain adalah...... dibangun.. karena...
    Mesjid Terapung itu disebut.... sebagai....
    Yang lucu adalah ketika...

    Semoga kami ikut menyeru Labbaik Allahumma labbaik... di depan Ka'BahMu ya Allah..

    ReplyDelete
  23. heheehe mau gaya juga gpp kok.. gak ada yang ngelarang :-D

    ReplyDelete
  24. ini di ruang apa? dimana ? kaligrafinya bagus2 dan alami banget...

    ReplyDelete
  25. wah.. gak pernah kebayang gimanaa... rasanya berjalan di depan ka'bah yg agung ...doakan saya bs mengunjungi kesana yah suatu saat nanti.. entah kapan... :-)

    ReplyDelete
  26. Lho ? makanya di klik dong mas fotonya huhu :). Ini kejadian yang kedua nih mas Wisnu "protes" kaya gini. Dulu pas di bagian foto-foto tokoh Islam gini juga hehehehe

    ReplyDelete
  27. iya... kapan ya..bisa kesana? Kalo ke sana lg doain ya ndra...

    ReplyDelete
  28. insya Allah mba, semua yang post di thread ini di doain supaya bisa kesana :)

    ReplyDelete
  29. Wow, ada Venice yang lain, indaaaaaah :-D

    ReplyDelete
  30. subhanallah smg nanti sya jg bisa kesana akh..eh ikutan dr karya imtaq ustd sidiq ? pengen deh yg di Viaduct itu ya? :)

    ReplyDelete
  31. ini karya imtaq yang di Jakarta mba, kan udah buka cabang di Kramat Asem hehehe....tapi sebagian besar jamaahnya dari Bandung juga sih. Jadi pas hari H kita semua kumpul di Jakarta, dan baru deh brkt

    ReplyDelete
  32. Pa Amirudin Lc, alumni Umm Al-Qura University Makkah. beliau tinggal di misfalah dekat Rubat Jawa.beliau sahabat karib ayah ana. titip salam kalau umrah lagi.

    ReplyDelete
  33. Wah, ini kenal banget. nama hotelnya dalam bahasa Arabnya Anwar Madinah, tapi lebih akrab dikenal dengan Hotel Movenpick Madinah, ini bersebelahan dengan Hotel Andalus. dia berada depan pintu/gate antara 17-20.

    ReplyDelete
  34. yah dan ana merasakan hal yang sama persis seperti yang diberitakan detik.com ini. oya tambahan kawasan ini dikenal juga dengan nama "Mantiqah Baydha" Kalau Dar Al-Baydha yang di kenal Casablanca berada di Maroko. sungguh jabal yang sarat misteri ;)

    ReplyDelete
  35. kang yogi mana poto city tournya di jeddah. biasanya kan keliling di sekitar jeddah city. mulai dari masjid qisas, makam siti hawa, masjid terapung serta air mancur laut merah dan laen-laen plus korniche balad tempat belanjanya para jamaah dari indonesia. dan disana terdapat toko "Ali Murah" yang menjual barang2 impor dengan harga miring. ana dapat hadiah parfum Bvlgari dari toko tersebut :) di Indo harganya satu jutaan loh ;)

    ReplyDelete
  36. biasalah para sawag (sopir) indonesia seringkali menempelkan stiker pada kendaraannya sebagai identitas diri. karena dengan hal tersebut akan mengundang para pengelola travel tuk menggunakan jasa kendaraannya. bahkan di makkah, ada bis yang bertuliskan Doa Ibu, jadi inget bis jurusan Tasik Garut ;)

    ReplyDelete
  37. Oooo pantes hehehhe jadi serasa di lembur nya kang ? :D

    ReplyDelete
  38. Wah subhanallah....ketemu juga yang antum kenal disini...nampaknya antum sangat mengenal Makkah ya ?

    ReplyDelete
  39. alhamdulillah, walau masih sedikit. maklum dulu lahir dan besar sampai umur 7tahun di Makkah. doakan saja semoga bisa mengunjungi kembali ke tanah kelahiranku, amin :)

    ReplyDelete
  40. Hehehe.. Bandaranya kweren habisss yaaa! Hanya dengan hitungan 5 menit, kita sudah bisa menjelajah seluruh isi bandara, karena saking kecilnya. Hihihi.

    ReplyDelete
  41. teringat waktu ketinggalan pesawat di sini...heheee..

    ReplyDelete
  42. ko trasnsit di abhu dhabi? emang naik pesawat apa?....

    ReplyDelete
  43. Iya waktu itu kita pakai travelnya PERSIS, Karya Imtaq dan mereka lagi mencoba rute baru menggunakan Yemenia Airways dan ternyata di Abu Dhabi itu kita mesti nunggu sekitar 12 jam karena pesawatnya ada kerusakan.....

    ReplyDelete
  44. Wah pasti seru tuh ceritanya hehehe

    ReplyDelete
  45. hehe iya mba bandaranya kecil banget....tapi landasannya luas banget lho ! (nggapenting.com) huhuhu

    ReplyDelete
  46. seru-seru sedih..alhamdulilah ana juga bisa haji tahun 2005 tapi kayanya antum cuman umrah ya, jadi ga ketemu?..ana hajian dari mesir..terus pas udah selesai haji ana langsung pulang ke indo. melalui bendara jedah..pada waktu itu aturan harus di bandara jam 21.30 krena take off jam 23.00. ana berangkat kebetulan dari rumah saudara, pas mau brangkat ana malah harus nunggu karena dia pengen jajap..kebetulan waktu itu saudara saya ada meeting dengan bosnya..terus ana tunggu sampai jam 22.00 belum kelar juga. ana langsung maksa berangkat aja sama anaknya..karena ga tau jarak dari rumah ke bandara..ana kira bisa di tempuh 15 menit ke bandara ehh.. ternyata hampir 45 menit. pas datang ke bandara udah take off..ana bener2 sedih sebab udah lumayan lama di jedah, belum lagi penerbangan lagi sibuk2nya, jadi untuk dapet tiket bener2 susah..tapi alhamdulilah untungnya dua hari kemudian ana dapet sit..jadi bisa terobati..kepanjangan ya ceritanya.. :)

    ReplyDelete
  47. Subhanallah seru juga ya...tapi bayarnya dua kali atau tetap satu kali akh ?

    ReplyDelete
  48. oh alhamdulilah ga bayar lagi..cuman lumayan deg-degan karena pas confirm ke pihak garuda sitnya pada penuhh bgt, pertamanya harus nunggu 2 mingguan lagi.. ana kebagian waiting list tapi alhamdulilah bisa ok juga..mudah2an ga terulang lagi..bener2 perjalanan haji yang unik, karena ana tinggal di saudi melebihi yang biasanya, ana tinggal tinggal di sana hampir 2 bulan..karena kita haji preman...hehhe

    ReplyDelete
  49. Haha sampai 2 bulan lama juga ya...nanti kalau ada rezeki ana mau main-main ke Mesir deh mengunjungi universitas antum. Syukron atas cerita menariknya akh

    ReplyDelete