Friday, March 10, 2006

Buku : Biografi 10 Imam Besar

Rating:★★★★★
Category:Books
Genre: Religion & Spirituality
Author:Syaikh M.Hasan Al-Jamal
Abu Hanifah sangat mencintai ibunya, ia selalu taat dan berbakti kepadanya, serta tidak pernah sedikitpun menolak perintahnya, walaupun yang diperintahkan itu sangat berat dan tidak mudah dikerjakan. Ia berpendapat bahwa ketaatannya kepada ibunda merupakan bagian dari ketaatan kepada Allah.

Abu Hanifah juga sering mengantar ibunya setiap malam Ramadhan ke Dar Umar bin Dzar, yang jaraknya cukup jauh sekitar tiga mil dari rumahnya, untuk menunaikan shalat tarawih, mendengarkan pelajaran dan ceramah, serta untuk bermunajat kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Setiap kali Abu Hanifah mendapatkan ujian di medan dakwah dan disiksa cambuk karenanya, Ia selalu berkata; "Demi Allah, bukan pukulan cambuk ini yang menyakitkanku, melainkan cucuran airmata ibundaku yang membuat hatiku terluka"....

*****

Kisah-kisah semacam Abu Hanifah ini banyak kita temui didalam buku ini. Biografi dan kisah para imam yang disebutkan di buku ini adalah, Imam Abu Hanifah, Imam Malik bin Anas, Imam As-Syafi'i, Imam Ahmad bin Hambal, Ibnu Hazm, Al-Hasan Al-Bashri, Al-Laits bin Sa'ad, Ibnu Taimiyah, Ibnu Qayyim dan Imam Asy-Syaukani.

Mudah-mudahan buku yang diterbitkan oleh Pustaka Al-Kautsar tersebut dapat membuat kita menjadi insan yang lebih baik lagi di hadapan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Amin.


8 comments:

  1. Akh kalau ke jakarta boleh mampir gak, bukumu asyk2 kayaknya. Mungkin karena yg ngeresensinya kali ya...?

    ReplyDelete
  2. Ah bisa aja nih bujuk rayunya hehehe, iya silahkan lho kalau mau mampir, kabar-kabari aja ya :)

    ReplyDelete
  3. Disitus www.alsofwah.or.id, kalo tidak salah ada deh biografi beberapa imam yang disebutkan diresensi, dibab tarikh ato tokoh kalo tidak salah.

    ReplyDelete
  4. semasa di sekolah menengah dalam subjek agama Islam saya cukup tertarik dengan sejarah hidup Abu Hanifah.....

    ReplyDelete
  5. Wah book fair nya udah abis jadi ngga bisa diskon lagi pak ! huhuhu

    ReplyDelete
  6. Tentang imam abu hanifah, imam malik pernah berkata ketika imam abu hanifah meninggalkan majlis ilmunya imam malik usai, beliau berkata kepada murid-muridnya, "kalian tahu siapa yang baru saja meninggalkan majlis ini ?". murid-muridnya menjawab " kami tidak tahu !". lalu imam malik berkata " beliau adalah abu hanifah, seandainya dia berkata tentang tiang masjid ini kepada kalian bahwa tiang ini adalah emas, maka kalian pasti percaya ucapannya karena hujjahnya yang sangat kuat".

    Subhanallahu.

    ReplyDelete