Thursday, March 2, 2006

Masjid Tours : Masjid Nabawi, Madinah




Assalamu'alaikum,

Kita jalan-jalan yuks. Kali ini yang kita "datangi" adalah masjid Nabawi di Madinah. Klip ini disertai dengan narasi berbahasa Indonesia dengan durasi sekitar 7 menit dan file size 5mb. Masjid yang dibangun Rasulullah SAW bersama para sahabat dan kaum Muslimin di tengah kota Madinah. Pembangunannya dimulai pada Rabi’ul Awal tahun 1 Hijriyah (September 662 M) segera setelah beliau hijrah dari Makkah ke Madinah.

Pada awalnya, masjid ini sangat kecil, yaitu hanya seluas 1.050 meter persegi. Tiang-tiang dan atap dibuat dari batang kurna. Sedangkan penerangannya dari pelepah kurma yang dibakar.

Pada tahun 1985 M, pembangunan Masjid Nabawi ini sempat tertunda. Kemudian diteruskan pembangunannya seluas 82.000 meter persegi, yang mengitari dan menyatu dengan bangunan masjid yang sudah ada. Dengan bangunan baru ini, luas lantai dasar Masjid Nabawi menjadi kira-kira 98.000 meter persegi, yang dapat menampung 167.000 jamaah. Dan lantai atas yang luasnya 67 meter persegi dapat menampung sebanyak 90.000 jamaah.

Apabila masjid dipenuhi jamaah shalat, maka Masjid Nabawi dan halamannya dapat menampung 650.000 jamaah pada musim biasa. Dan lebih satu juta jamaah pada musim haji atau bulan Ramadhan. Halamannya pada saat ini sebanding dengan kota Madinah ketika kehadiran pertama Rasulullah.

Shalat di masjid Nabawi ini lebih utama dari 1000 kali shalat di tempat lain. Sabda Nabi: “Shalat di masjidku lebih utama dari 1000 shalat di tempat lainnya, kecuali Masjidil Haram dan shalat di tempat lainnya” (Muttafaq Alaih).

Mudah-mudahan klip ini bisa berguna untuk menambah pengetahuan dan juga menambah kerinduan kita akan tanah Haramain (Mekah-Madinah).

Wassalamu'alaikum

8 comments:

  1. Bagus postingannya.
    "Tidak boleh mengkhususkan bepergian (dalam ritual ibadah) kecuali ke tiga masjid: Masjidil Haram, Masjid Rasul (Masjid Nabawi), dan Masjid Al Aqsa " (Hadist Muttafaqun Alaih)

    ReplyDelete
  2. Terima kasih akh, insya Allah nanti ada "tour" lagi ke masjid lainnya.

    ReplyDelete
  3. pa kabar dek..?
    bagus banget.. cuman lama niy buat donlot nya..
    kasih tau dunks bisa dapetin klip nya dimana...
    kasih tau yaa...

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah kabar baik mba, mudah-mudahan mba juga ya selalu sehat dan bahagia. Klip ini aku edit sendiri mba dari vcd. Kalau mba mau cari vcd nya ada kok di Gramedia atau Gunung Agung produksi PT. Merak Cipta Indokreasi, covernya warna hitam dan judulnya, "Masjid Kejayaan Islam di Seluruh Dunia" (2 cd). Selamat mencari :)

    ReplyDelete
  5. pas kepala lagi pusing karena penyakit bulanan, aku coba download masjid nabawi, Subhaanallah, arsitekturnya itu loh, soalnya waktu disana khan nggak sampai mlotot banget lihat tiang2nya, apalagi yang diatas, bisa menginjak Nabawi aja, kayak mimpi, rasanya buat seorang aku, nggak mungkin bisa sampai sana, tapi kalau sudah Allah yang menghendaki, ya nggak ada yang nggak mungkin, termasuk dua jagoanku yang di foto ini, Alhamdulillah, Allah melonggarkan rizki kepadaku untuk membiayai mereka ke tanah suci.
    Terbayang 1400 tahun yang lalu, kayak apa ya masjidnya, sekarang megaaaah banget, aku ikut mendo'akan kepada saudara-saudaraku yang belum pernah kesana, semoga Allah membukan jalan kemudahan pergi ke haramain, Amin.

    ReplyDelete