Thursday, July 21, 2005

Mereka mengajakku berdzikir


Image hosted by Photobucket.com





Ini adalah pemandangan ketika kita
akan menuju kota Mekkah dari Jeddah. Pemandangan yang mungkin banyak
terlewatkan oleh sebagian orang yang berangkat kesana, dan bisa
dimaklumi karena perjalanan menuju Jeddah dari kota atau negara asalnya
mungkin cukup jauh sehingga setelah sampai di Jeddah mereka langsung
memilih
untuk tidur di kendaraan ketika menuju Makkah. Seperti yang saya alami,
ketika rombongan saya sampai di bis yang menuju ke Makkah they all going down hehe...



Lama perjalanan antara Jeddah ke Makkah bisa ditempuh dengan waktu
kurang lebih 2 jam. Dan selama itu pulalah saya melihat banyak papan
seperti foto diatas yang membuat saya otomatis melafazkan apa yang
tertulis di papan tersebut. Bisa dibayangkan berapa banyak papan yang
dipasang dengan jarak tempuh 2 jam dan jarak antara papan satu dengan
papan berikutnya antara 50-100 meter. Tadinya saya kira itu hanya papan
pemberitahuan atau bahkan saya sempat mengira itu iklan, tapi ternyata
lafaz dzikir. Lafaz dzikirnya pun berbeda-beda, foto diatas hanya
sebagian lafaz saja yang sempat saya capture.



Kalau diantara temen-temen ada yang berkesempatan untuk umrah atau
haji, sewaktu perjalanan antara Jeddah (airport) ke Makkah usahakan
untuk melihat ke papan-papan ini dan coba untuk melafazkannya dalam
hati, karena tanpa kita sadari kita telah berdzikir selama perjalanan
itu. :). Alhamdulillah, baru sampai Jeddah saya udah disuguhi "santapan" yang lezat. Ngga sabar menunggu "santapan" berikutnya di Makkah... :)





“Janganlah
sampai bosan menghiasi lidahmu dengan berdzikir kepada Allah”



[HR. Tirmidzi
3506, Ibnu Majah 3876, Ahmad 17350]
















25 comments:

  1. Welcome back Mas Indra...bagi2 ceritanya ya...pake poto!

    ReplyDelete
  2. Oke nanti saya share ceritanya bertahap ya, soalnya masih rada pegel-pegel :)

    ReplyDelete
  3. Saya belum terasa sih, soalnya baru 2 hari di Jakarta hehe mungkin beberapa hari lagi baru terasa :)

    ReplyDelete
  4. saya pun menjadi tak sabar untuk menjemput santapannya kang...
    tapi kalo yang saya tau, di tasik, cianjur, bandung seputaran gerlong juga dah ada signboard seperti itu biarpun ga gede. mungkin memang suasananya berbeda karena di sana lebih deket ke baitullah ya..

    ReplyDelete
  5. Muhun kang abdhee, suasana disana mungkin berbeda kali ya. Saya malah baru tau kang di Indo ada juga signboard kaya gituh, mudah-mudahan suatu waktu nanti signboard seperti itu bisa ada di Jakarta, kota-kota besar lainnya dan di tempat-tempat yang rawan macet...lumayan nunggu macet sambil ibadah dan meredam amarah hehe

    ReplyDelete
  6. Enggak tahu tuch waktu itu. Soalnya emang bener kali, karena kecapean. lebih dari 20-an di pesawat, belum termasuk waktu menunggunya di Frankfurt dan New York (both way), membuat kami2 enggak sempat2 ngelihat2.

    ReplyDelete
  7. Ndra, coba kamu pergi ke Madura....pokoknya sepanjang perjalanan dari Kamal sampai menjelang masuk kota Bangkalan, kamu juga akan menemui tulisan serupa....berzikir di perjalanan...

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah...welcome back Mas Indra...jangan lupa oleh-oleh foto dan pengalamannya yah...:D...sepanjang perjalanan dari Medinah ke Jeddah juga banyak loh..:D

    ReplyDelete
  9. Amien....smoga saya salah satunya kelak :)

    ReplyDelete
  10. welcome back nDra... !
    alhamdulillah dah nyampe rumah dengan selamat ^_^
    ditunggu cerita2 nya ya!

    ReplyDelete
  11. Gimana tuh rasanya melantunkan labbaikallahumma labbaik...

    *merinding*

    ReplyDelete
  12. kalo mas indra ke sukabumi, juga banyak. ada artinya pula. jadi berdzikir di sepanjang jalan (kalau tidak ketiduran)

    ReplyDelete
  13. Barakallahu fiikum akhi...welcome back...semoga berbagi pencerahan di MP ini...

    ReplyDelete
  14. selamat datang kembali akh indra, semoga masih banyak 'oleh-oleh' yang bisa dibagi disini

    ReplyDelete
  15. posisi gw di bis gak pas buat moto2 di jalan.. soalle gw dapet di paling belakang dan di tengah pulak...
    wah Indra, buat yang ini gw terlewatkan..

    Udah di rumah niy..?
    Di tunggu teman2 MP buat pengajiannya loh....

    ReplyDelete
  16. Wah ternyata saya yang sedikit norak yah hehe baru sadar kalau di beberapa daerah ada juga signboard seperti itu :). Thanks for the info dan sambutan dari temen-temen MP yang baik hehe

    ReplyDelete
  17. Rasanya ? waktu pengucapan pertama sampai kira-kira 10 kali masih terasa biasa. Tapi lama-lama kok makin merinding.....

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah udah di rumah...oke dalam waktu dekat insya Allah ada pengajian lagi kok, lagi ngurus ustadznya dulu hehe. Keep checking my calendar event ya

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah, seneng denger mas Indra sudah kembali ke tanah air. jangan lupa banyak yg nungguin oleh-2 cerita nya.

    ReplyDelete
  20. Betul pak, thanks for the info :)

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah, saya juga seneng masih diberi kesempatan dari-Nya untuk bisa komunikasi lagi sama temen-temen di MP ini. Sebagian cerita dan foto-foto sewaktu saya disana bisa dilihat di disini. Nanti insya Allah disambung lagi :)

    ReplyDelete
  22. enak yah..berada di suasana dan kondisi yang mendukung.... menjadikan mata kita membaca, otomatis hati kita jadi ikutan berdikir.. andai Indonesia seperi itu ..:-)
    di sini banyak godaannya... setiap melihat sesuatu gambar/tulisan iklan2/berita2/spanduk di jalanan selalu jadi mikir yang enggak2/ negative thinkg.....

    ReplyDelete
  23. woro2...di manado --daerah yg minoritas muslim-- pun alhamdulillah ada satu daerah yg memasang signboard dzikir...amazing :) subhanallah.

    ReplyDelete