Wednesday, February 8, 2006

Bicara nikah yuks !


Assalamu'alaikum,


Kejadian pertama :

Jadi gini, sekitar 2-3 bulan yang lalu aku lagi iseng jalan-jalan ke toko buku. Hehe jalan-jalan sih ke toko buku yah, ngga gaul banget :p. Jadi di toko buku itu aku lihat ada bukunya Fauzil Adhim yang berjudul "Indahnya Pernikahan Dini" dan setelah aku baca belakangnya kok kayanya menarik ya, berhubung dari dulu aku memang punya rencana menikah dini jadi aku pikir perlu juga buku ini untuk jadi referensi. Juga setelah merasakan capenya pacaran makanya aku memutuskan untuk say goodbye pacaran and welcome pernikahan, lebih aman dan lebih syar'i toh :).

Akhirnya buku itu kubawa pulang dengan perasaan deg-degan hehehe abis jujur aja dari sekian buku yang aku punya, itu buku pertamaku yang berbau pernikahan jadi wajar dong agak-agak gimanaa gitu pas mau bacanya. Sampai rumah, buku itu aku namain dan nulis tanggalnya di halaman pertama, itu memang ritualku kalau abis beli buku dan biasanya baru aku baca menjelang tidur. Setelah itu buku tentang nikah dini tadi aku simpan di rak buku tapi di tempat yang agak tersembunyi....supaya ngga ketauan ibu kalau anaknya mulai beli buku-buku beginian (tentang nikah.red).

Besoknya temenku dateng kerumah dan main ke kamar dan langsung liat-liat kearah rak buku sambil milih-milih buku. Dan....ciiaat ! buku tentang nikah itu ketauan sama dia. Setelah itu dia malah ngomong, "Wah lo salah beli buku nih, soalnya umur lo udah ngga dini lagi pak". Kurangajar kesannya aku udah tua bener huhuhu. Akhirnya temenku itu malah terkekeh-kekeh ngeliat aku yang mulai pasang tampang kikuk. ......

Kejadian kedua :

IKAPI Bookfair terakhir kemarin diadakan di JHCC tangga 7 Desember. Sudah pasti aku ngga mau kelewatan sama yang namanya bookfair, bazar buku, pameran buku atau apalah namanya yang penting tentang buku. Soalnya udah bisa dipastikan di acara-acara seperti itu harga-harga buku bisa menjadi sangat murah, apalagi kalau sekedar buku referensi yang biasanya jarang diminati masyarakat umum.

Aku kesana bareng temenku yang tadi di kejadian pertama. Kita kesana pas setelah ashar di masjid deket rumah dan sampai di JHCC sekitar jam empat. Sampai disana kita mutusin untuk mencar sesukanya dan ketemu lagi jam lima di meeting point yang udah kita tetapkan. Setelah muter-muter keliling puluhan stand disana, aku nemu satu buku yang sepertinya bagus yang judulnya "Beginilah Nabi Mencintai Istri" terbitan Gema Insani. Baru baca belakangnya aja udah terbayang gimana indahnya rumah tangga Nabiku itu dengan istrinya. Tanpa pikir panjang aku beli buku itu dan langsung menuju tempat janjian dengan temenku tadi.

Sampai di meeting point ternyata dia belum ada. Sekitar lima menit kemudian temenku itu dateng. Dan dari arah yang berbeda ternyata ada temenku yang lain seorang akhwat yang menuju ke arahku juga sambil manggil namaku.

Nah ketika temenku yang akhwat nanya, "Beli buku apa aja ndra ?", ternyata pas temenku yang pertama itu ngambil buku yang aku beli dari kantong plastik lalu dengan polosnya ngomong, "Ooo Indra beli buku tentang beginian lagi (nikah.red) toh". Akhirnya temenku yang akhwat pun angkat bicara sambil ketawa-ketawa, "Waah udah siap nih yee uhuy !".....Duh langsung luntur deh muka ...
Sampai mobil, ngga ada ampun lagi deh buat temenku itu, langsung aku

********

Inti dari dua cerita ini adalah, ternyata aku selalu kesusahan menyembunyikan niatku untuk nikah hehe. Setelah kejadian itu juga aku jadi berpikir, kenapa harus malu ya kalau kita pengen nikah, padahal nikah itu kan sunnah Nabi dan udah gitu dijamin Allah lagi bahwa kalau kita nikah itu insya Allah akan dibikin kaya. Gak percaya ? coba buka lagi Qur'annya surat An Nuur ayat 32. Hayoo masa mau meragukan janji Allah yang udah jelas terpampang disitu sih.

Dulu kalau ditanya tentang nikah cepet pasti aku jawab, yah nanti deh saling mengenal a.k.a pacaran aja dulu lah baru abis itu nikah, takut nikah buru-buru bro. Nah sekarang malah kebalikan, aku malah takut pacaran dibandingkan nikah huhuhu soalnya dosanya udah jelas banyakan yang mana sih jadi sayah males pacaran.

Udah gitu kalau pacaran itu cape yah, masa belum jadi istri aja udah minta jemput sana jemput sini anter sana anter sini emangnya supir apa ?! huhuhu ngga dilayanin juga ngga dosa kok. Beda kan kalau yang minta kaya gitu yang udah jadi istri, nah itu malah jadi tanggung jawab seorang suami dan insya Allah berpahala kalau dilaksanakan. Begitu juga buat yang cewe, masa cowonya kelayapan sampai pagi dimarahin sampai didiemin tiga hari ? ya biarin ajalah itu cowo kan masih tanggung jawab orangtuanya, dan lagi suaminya juga bukan. Beda kalau itu cowo udah jadi suami, nah itu justru jadi tanggung jawab seorang istri untuk ngingetin plus berpahala lagi.

Trus belum lagi kalau udah masalah cemburu-cemburuan, hiihh paling males deh tuh. Ditambah lagi kalo pasangan kita yang almost perfect dari segi wajah dan body, pokoknya yang bikin leher orang muter deh kalo lewat. Belum sah jadi milik aja cemburunya udah ampun-ampunan apalagi nanti udah jadi milik ? bisa bisa diiket kali tuh dirumah. Been there done that and don't wanna go back

Jadi kesimpulan dari tulisan iseng ini apa ? tanyakan saja pada rumput yang bergoyang huhuhu......

Yah ini cuma sekedar sharing-sharing aja kok hehe. Ya udah mendingan ngga usah pake pacaran-pacaran segala deh, mending mohon petunjuk Allah, lurusin niat, ukur kemampuan, abis itu bilang deh ke nyokap or bokap, "Mom/Dad i wanna get married soon !" sambil terangin dengan detail kenapa alesannya pengen nikah cepet. Dijamin deh orang tua juga bakal mikir-mikir lagi untuk nolak hihihi...

Oh ya buat om dan tante yang akan, sedang atau sudah pernah nikah (?) sharing ceritanya yuk disini atau di mpnya masing-masing supaya kita yang belum menikah ada gambaran gimana pas milih pasangan, trus cerita pas "perang" pertama dirumah tangga dan sebagainya deh. Syukron jazakumullah khairan katsiron ya akhi wa ukhti :).


Wassalamu'alaikum



121 comments:

  1. Bener banget, menikahlah sesegera mungkin mas Indra hehhe mengompori.
    Saya mau share dikit nih.
    *Sejak saya menikah sama Pat dan Pat mualaf, banyak sekali anugerah yg dtg.
    *Setelah nikah Pat dapat pekerjaan yg sesuai bidangnya di daerah elit Paris,
    *Setelah nikah (berkat keringat saya sendiri) Alhamdulillah bisa memberangkatkan kedua ortu saya ke tanah suci.
    *Kami pun dapat momongan
    *Setelah menikah saya lebih sayang kepada keluarga besar saya
    *Setelah nikah...waah, spesles deh ;)

    ReplyDelete
  2. sudah punya calonnya belum? kalau sudah, tunggu apa lagi! :D *ngomporin*

    ReplyDelete
  3. Saya di undang ya mas Indraaa...:)

    ReplyDelete
  4. uehuehe belom ada mas. Mas Tian sendiri gimana ? udah ada calonnya ? hehehe kidding mas

    ReplyDelete
  5. Iya iya pastiii tapi tiket ke Jakartanya ngga termasuk kan yah hehehe :p

    ReplyDelete
  6. Wah ini pasti banyak kisah yang menarik dan unforgetable yah

    ReplyDelete
  7. tambah ngomporin lagi ahhhhh.... Rasulullah Muhammad SAW pun nikah di usia 25 tahun lo... bukankah itu usia dini bagi seorang lelaki???

    ReplyDelete
  8. sepertinya ini pengalaman pribadi :P

    ReplyDelete
  9. bener banget... hehehehe gw nikah di angka itu hehehehe... kalo Mas Tian??

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah..InsyaALlah saya mau share ke satu majalah nih mas, utamanya ttg si Pat..
    Smg kelak jika saya share topik itu, gk ada lagi sindiran miring terhadap muslimah yg nikah sama Bule/org asing mualaf!

    Bener ya mas Indra ditunggu..jangan kuatir gk perlu tiket ke Jakarta kok..hehhe..

    ReplyDelete
  11. ohhh belum ada calonnya tho... eh kalo di comblangin ama adik gw gmana?? mau ga tentunya sesuai syar'i ^___^ ini serius lo dra...

    ReplyDelete
  12. 29 tahun. seperti "yurisprudensi" (istilah hukum utk putusan hakim yang mengacu pada putusan sebelumnya utk kasus sejenis). bapakku 29, abangku juga 29. *nggak disetting sama sekali loh!*

    ReplyDelete
  13. sori ndra, aku nggak bisa nyomblangin. soalnya adik iparku -yg juga belum nikah- itu cowok. =))

    ReplyDelete
  14. alhamdu li-lLah saya nikah dini, tapi...... yang "menjaga" diri ini bukan kerna nikah dini tapi islam! dan tentu ieman!

    yang jadi soal dan masalah sekarang saya mo cari muslimah yang bersedia mempunyai cowives, ngerti?

    itu khan sunnah yach!

    ReplyDelete
  15. mari2 kita galakkan nikah dini.. :D
    saya belum nikah....n pengen banget...menjalankan sunnah yang satu itu...
    tapi ortu belum ngijinin..
    gimana yach cara nge-yakinin ortu.?

    ReplyDelete
  16. Ah iya...ini dia yang cukup bikin deg-degan, ternyata Rasul pun usianya segitu pas nikah hehehe

    ReplyDelete
  17. insya Allah mas, nanti di upload deh ijab kabul versi online nya deh biar bisa menyaksikan hehe

    ReplyDelete
  18. Majalah dimana mba ? atau kalau ada yang versi online kabar-kabari ya :) dan semoga ngga ada lagi anggapan miring ttg hal itu :)

    ReplyDelete
  19. Nah lho....huhu saya suka bingung jawab nih kalau ada yang kaya gini...this is for the 3rd times huhuhu....

    ReplyDelete
  20. khan tinggal milih aja... mana yang cucok hehehehehe

    ReplyDelete
  21. Just make sure dah siap batin (kyknya Indra dah siap) ama lahir (juga da siap)..
    Udah pasang iklan atau kyk tmn2 gw, minta tolong ustadz :D

    ReplyDelete
  22. katanya niiy: MENIKAH bukanlah upacara yg diramaikan dgn gending cinta, bukan rancangan gaun pengantin ala cinderella apalagi deretan mobil undangan yg bikin macet jalanan..
    MENIKAH sgt m'butuhkan keberanian tingkat tinggi, toleransi sedalam samudra & jiwa besar utk 'menerima' dan 'memaafkan'
    btw nanti kalo nikah aku diundang jg yaa.. ;))

    ReplyDelete
  23. Hmmm...
    Ehm.. ehm.. uhuks..
    *no komeng*

    ReplyDelete
  24. pernikahan bisa membina keshabaran ATAU kesyukuran.

    ReplyDelete
  25. Iya insya Allah itu memang sunnah :), untuk menambah pengetahuan ttg sunnah ini apakah berpahala atau ngga, bisa dilihat di sini. Tapi bagi saya kalau hal itu menjadi soal dan menjadi masalah, saya lebih memilih satu saja :)

    ReplyDelete
  26. HHhmm gimana ya cak, coba kamu beli buku tentang nikah di usia muda deh. Biasanya disitu dijelaska secara jamblang eh gamblang tentang manfaatnya. Setelah dibaca sendiri, coba kasih ke ortu deh bukunya, atau selipin di bantal ortu biar seolah ortu bacanya ngga sengaja gitu deeh :p

    ReplyDelete
  27. Amin, iya nanti diundang deh hehe doain ajah :)

    ReplyDelete
  28. Waduh pasang iklan ? uheuheuehe jangan deh nanti malah pada kabuurr. Minta tolong ustadz ? nah ini cara yang bijaksana :)

    ReplyDelete
  29. kenapa ? minta dibikin makin keselek ya ? hehe :p

    ReplyDelete
  30. Hehe bisa aja mas Hayat...kayanya saya blm pantes milih mas hehee

    ReplyDelete
  31. Semoga dapet yg sesetia Siti Khadijah (Both to Allah and to you)... secerdas Aisyah R.A.... Seanggun Zainab R.A. Biar jadi team yg solid to approach Ridho Illahi.. Amiiiinnnn... =D

    ReplyDelete
  32. hoooo... Indra jujur sekali... sambil publikasi gini... kekekek... sori bro...
    duhhh mo nyomblangin gimana ndra.... diri ini juga masih JOMBLO... (ikutan publikasi) :P
    *btw: kok gak OL di YM seh ?... ditunggu loh diskusi2nya :)... ato ta'lim OL bersama Indra ge to loh heheheheh :)

    ReplyDelete
  33. Wah mudah2an bukan gara2 abis denger "Seismic" nih ^_^ ... Klo dah siap, nunggu apa lagi akh, katanya sih makin berumur makin banyak syarat lho... Bismillah aja insya'allah lancar ( hehehe jd kayak yg udah pengalaman ...:p )

    ReplyDelete
  34. siap2 ya...saya mau ngereply banyak bener...:
    nomer 1 : Rumput yang bergoyang udah curhat tuuuuh sama saya.... ^__^ ....

    ReplyDelete
  35. nomer dua : ember,,,,supir apa...? kalo udah jadi istrinya kan minta jemput sana minta jemput sini, kalo suami ngga mau kita kan bisa ngeles : LHA PAN GUE ISTRI LOOO....!!!!...kalo belon jadi istri sape lo minta2 dijemput hihihihi....

    ReplyDelete
  36. sejak kita hidup ini sesungguhnya penuh dengan masalah.
    lebih tinggi "derajat"nya maka lebih buanyaaak lagi masalahnya.

    ada orang yang selalu menjankalkan bahwa kalo mo poligami musti adil!
    padahal sesungguhnya lagi! sejak kita muslim, mu'min ini kita harus adil bukan hanya waktu mo poligami doank khan?

    tapi itulah masalah ini pasti akan rame jadi perbincangan dan diskusian panjang lebar alias selaus samudra dan ankasa. dah lumrah koq! kerna tak biasa? eh tak bisa!

    ReplyDelete
  37. nomer tiga : pengalaman pribadi niiih, dulu ada yang mau ntraktir saya nonton bioskop ceritanya, terus saya mau dibayarin, pan PDKT mereuuun, tapi dengan menjaga perasaan orangtua saya, saya bilang aja : Sorry ya, gw mbayar sendiri, elu duit dari nyokap elu pan ya...? nyokap gue tadi mesen, katanya masih mampu kok bayarin anaknya nonton bioskop hihihihiihi...tuh cowo cuman cengengesan ngga jelas...

    ReplyDelete
  38. nomer empat : taro dong resensi buku :Beginilah Nabi Mencintai istrinya, ngga pake dikorting ya, semua halaman diposting, okeh....? sowwwwy nih nrepotin, gpp ah, saya mah udah ga malu2 lagi ngerepotin eks calon ipar hihihihihi

    ReplyDelete
  39. nomer lima : ciiiiyyyyyyeeeeeh.....nyang mau nyetak undangan.....kirim atu ya di mari, sape tau rombongan zahirsbabe bisa dateng ke walimahannya nanti....

    PS : Kita makannya banyak lho...apalagi ratu zahirsbabe niiih yang udah lama kaga ketowel makanan Indonesia Raya lidahnya...!

    ReplyDelete
  40. Ikut Aamiin juga wie ! huhuhu thanks

    ReplyDelete
  41. huhaha gak papa mas gak papa banget malah...emang akika disangka apa nih ihihi

    ReplyDelete
  42. Hueheuhe ya jujur aja lah pak, umur kita emang udah cocok dan pas gitu lho jadi kalo kita tutup-tutupin malah bikin orang bertanya-tanya, "ini cowo normal ngga ya ?" uehuehue. Ayo deh kalo gitu saya menampilkan depoy nih sebagai calon imam yang baik. Mungkin diantara temen mp ada yang berminat untuk dijadikan adek ipar ? hehehe

    Iya nih bro, saya jarang chating sebenernya, ya paling kalau lagi iseng banget aja. Ntar pasti kita ketemu bro tapi jgn bilang ta'lim dong, ta'aruf aja huhuhu

    ReplyDelete
  43. Bukan akh justru karena ana udah ada niat makanya seneng Seismic, kan lumayan tuh nanti buat backsound pas walimahan, atau kalo perlu undang Seismic nya sekalian buat manggung :p. Syukron akh buat support nya :D

    ReplyDelete
  44. huhuu selalu deg-degan deh saya kalau ada account ini masuk ke mp sayah. Liat aja, di komen pertama beliau udah "ngancem".....

    ReplyDelete
  45. Insya Allah nanti diposting abis dibaca dulu sampai selesai :D

    ReplyDelete
  46. perasaan di MP saya ceitanya banyak ttg kegiatan orang habis menikah loh ndra....he2..

    ReplyDelete
  47. Nikah Dini? Aku termasuk nikah dini nih Mas Indra :)
    Aku nikah di usiaku yang masih terhitung muda (Alhamdulillah bukan karena sesuatu yang "salah") .. Mungkin Allah memberi rezeki ini untuk saya jauh lebih awal ketimbang teman2x seumuran saya. Dan sekarang di usia saya yang menjelang 26, sudah punya 1 orang jagoan berumur 6 tahun :)
    So, Mas Indra semoga bisa segera menemukan seseorang pendamping :)

    ReplyDelete
  48. udah buruan atuh kang Indra, lahir udah ok batin apalagi...

    kepingin juga nih, tapi belom ada calonnya (promosi mode:ON)

    ReplyDelete
  49. nDra, turut mendoakan agar semoga dapet pasangan yg sholikah, yg bisa jadi perhiasan keluarga ya, amin.

    ReplyDelete
  50. Kalau sudah niat, dan ada yang diincar jadiin aja, pantang ditunda.. pamali..euy!

    ReplyDelete
  51. hahahahha...numpang ketawa doang,,,,inget jaman dulu kalo dengerin Rico Ceper hihihihi

    ReplyDelete
  52. Barakallahu, akh indra, semoga Allah melancarkan niat antum, dan ga usah malu dan menutupi kalau ingin menikah dini, asal jangan malu-malu in seperti saya yah.

    saya punya cerita sedikit, waktu kantor yang lama, sebelum saya pindah, saya mengajukan undur diri dari perusaahan itu dan ditanya " kenapa kamu mau pindah ". saya jawab " saya mau pindah kerja karena mau menikah pa' ". mereka kaget " lho koq mau nikah aja harus pindah kerja ?". saya cuma jawab " yaah bapak tau lah kenapa", karena saya rasa mereka tahu kenapa saya pindah, tentu mencari yang lebih baik lagi, bukan berarti dikantor lama tidak baik. maka selang beberapa hari dari pengajuan undur diri saya, teman sekantor pada tahu. dan saya pasang muka tembok aja dah, toh yang mau nikah saya, bukan mereka.

    Begitu juga dikantor yang baru (yg skr saya bekerja), setelah diterima dan ada sedikit perbincangan ramah tamah, saya ditanya juga "kenapa kamu mau kerja kesini ". saya jawab denga polosnya " karena saya mau nikah bu ". maka tidak kalah heran juga si ibu Hrd itu. " Nikah ?!?!?!?! ". maka besoknya ketika satu persatu diperkenalkan ke tiap devisi " si ibu hrd itu bilang " bapak ini mau nikah loh, makanya dia kerja disini". dan lagi saya pakai muka tembok dengan alasan yang sama seperti dulu, yang mau nikahkan saya bukan mereka.

    Malu malu in ga siiih ???

    ReplyDelete
  53. Saya gak ngerti..???
    emang lebih baik dari sisi mana dulu nich Mas..???

    ReplyDelete
  54. hahahahaha....jangan salah ya...ternyata akhi2 kita ini bakal nyaingin bagito niiih....

    Tuh kan Mas Indra....memang kadang kala kita kalo kebanyakan mikir mumet sendiri....nekad aja, asal pake Bismillah...insya Allah lancar...!!!! kaya saya niiih...ikutan kasih contoh ya...waktu belum ada kepastian nikah sama si Abang, ibu sama ibu guru saya NEKAD ke KUA nyarter hari sama penghulu...!!!! sampe penghulunya grogi sendiri hahaha...soalnya ibu saya sama ibu guru saya itu sedikit maksa pake ancaman.

    ReplyDelete
  55. weeee... ngebahas nikah nih Indra... hayooo... cepetan aja ditunggu undangannyaaaa...

    ReplyDelete
  56. mas Indra... udah baca buku qurratu a'yun belon?? khatamin dulu, baru deh siap-siap nikah... ckakak. nikah aja deh.. lagian 24 itu udah ngak dini lagi, lagian rasul nikah umur 25 kan hitungan hijriyyah, kalau masehinya ya 24 tahun... nikah, nikah, nikah... Ayo MAS INDRA BISAAAA!!! *teriak pakai angkat tangan ke atas* :P

    ReplyDelete
  57. kang indra, kata temen saya mah yah, soal nikah itu faktornya ada dua; pertimbangan dan keberanian.

    jangan gurunggusuh, ntar nyesel. berani tanpa pertimbangan itu artinya menjebakkan diri
    tapiiiiiiiii..................
    ati2, jangan terlalu banyak menimbang, ntar gak jadi2...

    ^_^

    ReplyDelete
  58. begono loh mas, dua bulan sebelumnya ketika ta'aruf sama keluarga istri (waktu itu belum nikah), aye langsung ditembak ama istri " kapan kita nikah" katanya, (apalagi disaksiin apa sodare nye tuh). nah aye jawab, "secepatnya". maka aye pulang pada hari itu juga, aye bilang sama ortu kalo aye pengen nikah, eh.. ortu malah bilang kalo aye belum siap, belon punya ape-ape. akhirnya aye coba cari-cari lowongan kerja yang baru, sape tahu gajinye lumayan dari pada gaji ditempat lama, dan aye juga bilang sama keluarga istri aye, kalo aye tuh minta waktu, alhamdulillah dikabulin.

    Dan Al hamdulillah, akhirnya aye dapet perkerjaan baru itu, yang sekarang aye bekerja. Nah cerita alasan pengunduran diri dari kantor lama itu, seperti yang aye ceritain sebelumnye. kalo diceritain pegimane aye bisa nikah mah mas, bisa 7 hari 7 malem deh..nyaingin penganten baru...he.he.he.he...

    (keluar deh betokaw aye dah....).

    ReplyDelete
  59. ha.ha.ha.ha jangan kan bagito mpo, ketoprak humor ama lenong aja kalah....hahahaha...
    apa kite bikin lenong mp aja kali yah ?....he.he.he

    ReplyDelete
  60. waah rame nih yang reply xixixixi makasih...

    *siap-siap reply

    ReplyDelete
  61. Iya mas mp mas Dedy itu salah satu T.O saya kok nanti (Target Operasi) :D

    ReplyDelete
  62. Wah mba, Alhamdulillah atas keluarga sakinahnya. Umur 26 udah punya jagoan ? itu juga dulu impian saya lho, supaya nanti pas anak saya remaja saya masih bisa ikutan gaul sambil jagain. Boleh tu mba kalo sempet ditulis kisahnya di mp mba afnia hehe siapa tau berguna buat yang lain juga supaya termotivasi nikah dini :D. Terima kasih atas doa nya ya mba

    ReplyDelete
  63. nah kan...ketauan banyak yang numpang promosi juga disini...hihihi udah 3 orang nih so far. Anyone else ? :p

    ReplyDelete
  64. Aamiin...makasih mba buat doanya. Saya doain juga semoga keluarga mba tetap selalu diberikan kemudahan dalam setiap perjalanannya. Aamiin.

    ReplyDelete
  65. Ck...ck...hebat akh. Beli semen sama batanya dimana akh bisa kuat gitu temboknya ? hehehe salut !

    ReplyDelete
  66. wehehehe ini juga gara-gara terinspirasi dengan kisah mba Mimin dan suaminya lho. Kita sempet cerita-cerita soal ini pas dirumah saya :)). Salam buat suaminya ya mba, nanti kalau ada pengajian lagi dirumah saya, dateng yah berdua :)

    ReplyDelete
  67. Huhuhu benerkan apa yang sayah bilang sodara-sodara, account ini penuh dengan ancaman ! hihihihi tapi ancaman nya baik kok :D

    ReplyDelete
  68. Wah semangat nih jadinya ! jadi kaya lagi mau turun ke jalan ikutan demo mendukung nikah dini ! haha. Iya akh Rasul juga umur 24 yah nikahnya...hhm sebulan lagi umur saya beranjak 25, jadi pake hitungan mana nih ? sama-sama mepet soalnya ?! hahaha bingung sendiri

    ReplyDelete
  69. Udah....
    gak usah pake hitung2an...
    niat....
    cari calon...
    istikharah..
    lamar.. :D

    ReplyDelete
  70. Tapi da kalau banyak pertimbangan suka bingung sendiri yang penting mah menurut saya kesiapan ilmu dan mental, kalo ilmu nikahnya udah khatam insya Allah lancar hehehe nuhun nya teh

    ReplyDelete
  71. Iya bener Mas, jadi bisa sobatan ama anak .. seru loh :) Ayuks cepetan !!
    Wah kalo diceritain/ ditulis aku ga bisa deh, bukan apa2x aku ga bisa nulis (salah satu sebab journal MP saya minim banget isinya ;)).. hi hi hi. Tapi entah kalo dapet "ilham" Insya Allah :)

    ReplyDelete
  72. wahhh...rame yah klo ngomongin soal ini!!! saya ikut ngedoain dari jauh aja mas, moga niat nya cepet kesampaian.

    ReplyDelete
  73. ...Indra mau nikah?? kapan?? undang2 ya ndra....:) atau mau dicariin?? :)

    ReplyDelete
  74. Beluuum mas Indra, masih persiapan ke sana hehhee..iya InsyaAllah :)

    ReplyDelete
  75. Mudah-mudahan mba afnia Engkau beri "ilham" Ya Allah supaya bisa nulis kisahnya. Aamin

    ReplyDelete
  76. iyaiya...ehem situ sendiri kapan ya ? hehee

    ReplyDelete
  77. Aamiin ! Alhamdulillah banyak yang doain nih hehe syukron ya :D

    ReplyDelete
  78. hehe iya nanti pasti diundang...hhmm dicariin yah ?, kok baik-baik bener ya temen saya di mp huhu jadi terharu :p. Syukron yah

    ReplyDelete
  79. Wah..
    kalo saya masih 22...
    still have another 2 years insya Allah....

    ReplyDelete
  80. kenapa setiap jurnal tentang pernikahan pasti laris manis uhuy...
    aku masih inget jurnalnya mas iwan yg juga tentang pernikahan...
    waduh... bener2 den antusiasme dari mp-ers... keknya banyak yg pada jomblo deh...
    hehehehe...

    kalo nikah undang mp-ers yah mas indra... hehehehe ;p
    kira2 siapa Mp-ers yg nyusul mas mbot dan mbak ida yah?
    hehehe;p

    ReplyDelete
  81. rame ya jurnal kali ini....tentang NIKAH siiiih...banyak juga ya yang mau bantuin Mas Indra nyari calon....inget ya....saya kan nawarin duluuuwwwwwan....jadi tawaran saya harus dipertimbangkan duluwwwwwan T.I.T.I.K...

    ReplyDelete
  82. nah ini contoh aslinya yang sangat semangat...yang biasa bahasanya rapih jali kalo nge-reply ato nge-jurnal, begitu ngebahsa nikah, keluar aslinya deeeh betokaw-an hehehe....

    ReplyDelete
  83. mas indra, kl menikah sih nggak usah diseminarin (dibicarain lama-2), just do it (ikutin iklan nike...he he he).
    cerita ttg saya yg telni (telat nikah) ada di mp saya http://my2cubs.multiply.com/journal/item/60 tapi ini cuma buat kalangan sendiri, alias buat yg udah jadi contact saya aja (mas idra, zabel, sirkit). Alhamdulillah, cerita ini juga sudah dimuat di majalah alia edisi sep 2005. semoga ada manfaatnya.

    ReplyDelete
  84. udah baca buku Fauzil yang 'How To get married' belum? itu juga indah, pengalaman para penulis ketemu jodohnya, saya pas baca... duh... kapan yah giliran saya mengalami peristiwa ajaib itu?

    ReplyDelete
  85. .....
    saya juga mau dunk..
    dicariin calon..:D

    ReplyDelete
  86. Saya juga turut mengaminkannya dari jauh....."Semoga indra tidak tersalah pilihan, dirahmati & direstui Allah akan permintaan kamu.....Semoga Allah kurniakan kamu seorang srikandi penyejuk dimata, penawar dihati...di dunia dialah penyeri di syurga menanti dia bidadari....." Amin.....

    ReplyDelete
  87. Ha.ha.ha.ha....bisa aja nih mpo can, abis gimane ye po nikah gitu loh......hehehe

    ReplyDelete
  88. muahiuhaiuha..

    emang.. dari kemaren saya cuma bisa ngeliat dari MB aja.. replynya makin hari makin menggila..

    Gimana ga membuktikan bahwa unsur terbesar dari ciptaanNya adalah Cinta. Semua tentang cinta pasti jadi sorotan orang banyak.

    Huhuhu.. andaikan aku bisa mengerti tentang itu..

    btw, aku ga mo share tentang pengalaman pribadi.. soalnya saya sama dengan teman-teman yang sama dengan saya.. muahahahah JOMLONERS

    kk saya dulu pas nikahin kk ipar saya mungkin agak2 nekat juga... Penghasilannya udah tetap, tapi pas2an.. Eh.. pas nikah, alhamdulillah rejekinya jadi banyak, malhan istrinya dari yang kerja jadi ga kerja.. dan mereka alhamdulillah hidup berkecukupan berdua..

    yang saya pelajarin dari sini sih.. kalo masalah materi, jangan pernah jadi halangan buat nikah.. Akan ada jalan bagi mereka yang ingin mencapai tujuanya karena ridhoNya..

    Semuanya sudah tertulis dengan indahnya.. =)

    btw, mas indra, kalo nikah jangan lupa undang saya ya!! hihihihihihihi..
    Semoga kita semua dapet jodoh yang baik.. Amin..

    ReplyDelete
  89. ebiet G. amat!...
    asli deh lucu baca blog nya.... :-)
    gini neh... gaya klo ikhwan yang getol buku *kutu buku* bicara tentang nikah....malu-malu...
    di doain semoga dapat yang terbaik, yakin deh...*ainulyaqiin*
    muslim yang baik pasti buat muslimah yang baik...hehhehehehhe

    ReplyDelete
  90. saya faham ini pencerminan ummat islam.

    hanya bicara dan diskusi tentang agamanya, terbatas hanya sampe disini azza.

    lalu penjabarannya mana???

    baru muaraaah kalo ada orang asing melecehkan padahal diri kita sendiri tak ada bedanya khan?

    ReplyDelete
  91. Subhanallah... lakunya ni posting... terus loh berlanjut udah berhari-hari... hehe love is all around apparently..

    ReplyDelete
  92. Iya benerrr... kan menikah itu bisa diniatkan jadi ibadah. "It's a sunnah, but a strooooonggg sunnah..." kata temen saya mengutip omongan gurunya. Tuh, kalau memang mengejar sunnah, yang super-strong begini harus diupayakan dong... Dan kalau kita mengejar akhirat, inysaAllah yang kita peroleh akhirat dan dunia sekaligus kan...?
    Pengalaman saya, sebelum menikah, ngitung-ngitung penghasilan berdua dikurangi pengeluaran masing-masing... ternyata tekor! Tapi alhamdulillah, bukannya takut malah cengengesan, "Kita kan mau ibadah yak...?" Alhamdulillah, Allah memang Maha Melapangkan, dan rejeki itu bisa datang dari mana saja, bahkan dari pintu-pintu yang tidak kita ketahui sebelumnya...
    Teriring doa untuk Indra dan semua teman-teman yang masih 'mencari/menunggu'. Semoga Allah selalu melimpahkan bimbingan dan kesabaran, dan semoga Allah memberikan masing-masingnya jodoh yang terbaik. Amin.

    ReplyDelete
  93. Iya, suami saya bilang, ada sunnah yang dikerjakan Rasulullah, dan ada yang dikerjakan DAN dianjurkan. Poligami termasuk yang pertama, dan suami saya berpendapat, lebih baik mendahulukan yang kedua (dikerjakan dan dianjurkan) dulu. Banyak hal yang Rasulullah kerjakan tetapi tidak dianjurkan. Kalau mau berkutat di situ, sanggupkan kita mengikuti Rasulullah sepenuhnya, misalnya dengan berpergian menggunakan unta, bersandal (gimana di sini kalau winter yak?), makan dua kali sehari bahkan kadang kurang, bahkan (untuk suami niy...), ikhlas tidur di depan pintu karena tidak mau membangunkan istri ketika suami pulang malam? Yang mana yang kita dahulukan? Daripada bingung, lebih baik melengkapi pelaksanaan anjuran-anjuran Rasulullah dahulu, baru beranjak ke yang lainnya. Masih banyak terbentang jalan-jalan lain untuk mengungkapkan cinta kita terhadap Rasulullah shalallahu 'alayhi wassalaam.
    Adduuhhh, dasar nenek-nenek bawel, nggak bisa ngomong dikit... Udah kebiasaan merepet sih... :D
    Old habits die hard... *sigh*

    ReplyDelete
  94. wah..wah kalo tulisan ttg nikah pasti rame deh...
    saya ikutan doain aja deh supaya indra dapet jodoh yang shalihat, baik hati dan tidak sombong :)

    ReplyDelete
  95. Diah, makasih ya atas cerita singkat dan doanya. Aamiin ! insya Allah nanti diundang :)

    ReplyDelete
  96. hehehehe ya mudah-mudahan ngga malu-maluin yah . Syukron buat doanya. Amin !

    ReplyDelete
  97. Wadoohh...mesti nyiapin biodata lebih dong yah . Hehehe terima kasih mba atas tawaran calonnya...masih bingung jawabnya nih huhu maaf

    ReplyDelete
  98. Karena menikah itu indah jendral !...deeuu....

    ReplyDelete
  99. Aamiin. Syukron mba atas doanya dan ceritanya.Very inspiring :)

    ReplyDelete
  100. Alhamdulillah....kok jadi banyak yang doain saya yah, ini berarti saya juga mesti doain balik semua yang posting di topik ini. Syukron ya buat semuanya :)

    ReplyDelete
  101. ehm ehm... ngomong2 soal nikah....

    ah gak jadi deh... wakakakakakaka....

    ReplyDelete
  102. Mas sesuai janji saya, saya kabari skrg ya :)
    Majalah muslim ALIA mas.. edisi Maret.. tapi kayaknya mas Indra uda baca ya di MPku, tapi yg di majalah udah di edit dan ada photonya :)

    ReplyDelete
  103. Udah baca dikiiitt banget...sengaja mau baca yang versi majalahnya nanti abis itu di compare hehehe

    ReplyDelete
  104. Kalo nikah nanti nyesel loh....

    Nyesel kenapa ga dari dulu-dulu aja... he2

    Saya doakan agar Akh. Indra bisa segera menikah...
    doakan saya juga ya......

    ReplyDelete
  105. hahaha bisa aja nih adhi ! kemana aja akhiii...duh yang udah kerja, lupa dee sama eike.

    Iya sama-sama doain ya :)

    ReplyDelete
  106. mending kalo rumahnya deket yah :P

    ReplyDelete
  107. Iya bener, kalo rumah cewenya di Jakarta sedangkan kita di Nu York kan bisa berabe yah :D

    ReplyDelete
  108. Jadi yang benernya kapan neh? Dah disiapin tim nasyid:D
    mau EdCoustic?:P

    ReplyDelete
  109. hehehe dasar ! dapet bocoran yahh huhuhu....

    ReplyDelete
  110. huehehe...gak suruh nutup bocoran sih...kok ndak ada bocoran lagi yak?

    ReplyDelete
  111. huss huss husss ! euheuheu udah yaaaa :p

    ReplyDelete
  112. So...? Jadi niy...? *siap-siap girang*

    ReplyDelete
  113. hehehe simpen dulu mba girangnya :D..

    tuh kan gara-gara ajeng sih nih huhuhu

    ReplyDelete
  114. iya iya diafwanin (halah! ini bahasa apa pula) huhuhu

    ReplyDelete