Wednesday, August 24, 2005

Buku : Al-Bidayah wan Nihayah

Rating:★★★★★
Category:Books
Genre: Religion & Spirituality
Author:Ibnu Katsir
Judul asli : Tartib wa Tahdzib Kitab Al-Bidayah wan Nihayah
Pengarang : Ibnu Katsir
Penyusun : Muhammad bin Shamil As-Sulami

Judul Terjemah : Al-Bidayah wan Nihayah, masa Khulafaur Rasyidin
Penerjemah : Abu Ihsan Al-Atsari
Muraja'ah : Ahmad Amin Sjihab, Lc.
Penerbit : Darul Haq, Jakarta, Cet. I, 1424 H/ 2004 M
Tebal : xxi+559 hal (Hard Cover - Lux)
-----------------------------------------------------------

- Benarkah Khalifah Pertama Abu Bakar Ash-Ashiddiq diracun hingga menyebabkan kematian beliau?

- Benarkah penyebab umar bin Khaththab mencopot khalid bin walid dari jabatannya sebagai panglima pasukan karena adanya intrik pribadi antara keduanya?

- Benarkah isu-isu tendensius yang menyebutkan bahwa Utsman bin Affan lebih mengutamakan karib kerabat untuk memegang jabatan-jabatan strategis dalam pemerintahan seperti yang dituduhkan sebagian orang?

- Apa yang melatarbelakangi peperangan Jamal yang terjadi antara Ali bin Abi Tholib dengan az-Zubair, Thalhah dan 'Aisyah ?

- Dan Apa pula yang melatarbelakangi peperangan antara Ali bin Abi Tholib dengan Mu'awiyyah hingga menyebabkan kematiannya?

Begitu banyak isu-isu kontroversional yang disebutkan dalam buku-buku sejarah, namun banyak yang perlu diluruskan. Yang disebutkan diatas hanyalah sebagian kecil dari penyimpangan sejarah. Sementara, sejuta pertanyaan lain masih menggelayut dalam benak menuntut sebuah jawaban. Dimanakah jawabannya?

Buku yang hadir di hadapan pembaca ini memberikan jawabannya. Dipetik dari buku al-Bidayah wan Nihayah, sebuah karya monumental seorang ulama besar yang tidak asing lagi; Al-Hafidz Imaduduin Abul Fida' Ismail bin Umar bin Katsir yang lebih dikenal dengan nama Ibnu Katsir.

Sebagai pembukan, buku ini dimulai dengan metode penyusunan dan penyuntuingan, biografi Al-Imam Al-Hafizh Ibnu Katsir dan Kitabnya Al-Bidayah Wan Nihayah serta metode dan referensi yang digunakan.

Dalam buku ini pembaca dapat membaca sejarah khulafa'ur rasyidin dan dapat menyaksikan masa-masa keemasan Islam yang disajikan secara apik oleh Dr. Muhammad bin Shamil as-Sulami. Mudah-mudahan kehadiran buku ini dapat meluruskan sejarah-sejarah yang banyak diselewengkan oleh tangan-tangan jahil.

Dari saya :

Kitab ini cocok untuk yang senang mempelajari kisah-kisah para sahabat pada masa khulafaur rasyidin seperti Abu Bakar, Umar, Ustman dan Ali ra. Kalau anda senang membaca sirah nabawiyah, kemungkinan anda juga akan tertarik dengan kitab ini. Insya Allah kitab ini akan memberikan jawaban atas pertanyaan tentang fitnah al kubra yang selama ribuan tahun menggelayuti umat Islam. Pembahasan dalam kitab ini pun cukup detail sampai hal-hal kecilnya.

Ada saatnya rasa haru muncul ketika membaca kisah-kisah kehidupan para sahabat ra dalam kitab ini. Dan ada pula saatnya muncul rasa kagum dan bangga. Bagi saya pribadi, membaca buku ini cukup seru dan seandainya kisah-kisah dalam kitab ini dijadikan film, maka film itu insya Allah akan menjadi film yang hampir lengkap mulai dari action, drama dan tentunya tanpa esek-esek seperti kebanyakan film. Insya Allah akan ada banyak hikmah dan pelajaran yang bisa diambil dari kehidupan mereka.


19 comments:

  1. Aduhuhhh, pinginnnn.... Bisa dicari di Kanada nggak ya...?
    Saya memang sudah lama penasaran sekali dengan cerita yang sebenarnya mengenai Utsman ra, Ali ra vs 'Aisyah ra dll. Selama ini saya kok dengarnya simpang siur...
    Mas Indra, setelah nama para sahabat, kok ada Rasulullah-nya itu maksudnya apa ya Mas? Radiallahu 'anhu perhaps...?

    ReplyDelete
  2. Kalau lagi di Jakarta bisa nitip kok ke saya, atau mungkin lewat saudara di Jakarta ?. Oh iya tentang di belakang nama para sahabat itu memang harusnya Radiallahu 'anhu, maklum tulisan yang atas itu copy paste dari site lain :)

    ReplyDelete
  3. Hardcover ya.... bagus.... Kalau sift cover suka cepet lecek...

    ReplyDelete
  4. Hard covernya bener-bener hard mas. Tingginya sekitar 30cm dan 600 halaman, sangat tidak disarankan baca sambil tiduran... :)

    ReplyDelete
  5. Iya... entar Desember pulang beli-beli buku gini.... Tapi di sini saya juga langganan Sabili ... eh, sama Ummi buat ibunya anak-anak. Dulu langganan 2 lagi... tapi nggak kuat. Soal buku di sini kurang..... Mesti pesen.... datangnya bisa 6 bulan kemudian, hehe.....

    ReplyDelete
  6. kapan2 boleh pinjem gak? sirah nabawiyah karangan al buthy aja masih belum kelar nih... musti lebih rajin baca biar kayak indra.

    ReplyDelete
  7. ini salah satu buku yang masuk dalam list buku yang harus dibeli akhi, seperti halnya biografi imam albani yang sempet kebeli juga dan ada tambahan buku tentang sejarah sahabat dengan judul kisah shahih sahabat karya syaikh salim bin ied al hilali. ini juga masuk dalam list buku yang harus dibeli...( sedih...banyak buku yang saya list belum kebeli-beli....)

    yang saat ini saya punya adalah 2 buku terbitan cv di penogoro bandung dengan judul karakteristik perihidup 60 sahabat Rasulullah dan Khalifah Rasulullah (dg tambahan khalifah umar bin abdul aziz ) karya khalid muh. khalid yang saya menilai cukup baik hanya saja perlu di comparasikan kisah didalamnya dengan 2 buku sejarah sahabat diatas akhi....ada ikhwan di kantor saya menilai buku yang saya punya itu shahih, namun hati saya belum sreg kalo belum di komparasikan dengan 2 buku diatas ( al bidayah wan nihayah dan kisah shahih shahabat ).....btw thanks infonya and remind me untuk membeli.....

    ReplyDelete
  8. Wah disana langganan Sabili dan Ummi juga mas ? trus datengnya per berapa bulan sekali tuh ? Jangan lupa sekalian langganan buat bukunya anak-anak mas :)

    ReplyDelete
  9. Boleh tapi kapan ya ? ini baru baca sampai hal.200, setengahnya juga blm hehe. Sirah Nabawiyahnya beli dimana mas ? Saya tertarik yang karangan Ibnu Hisyam. Rajin baca jangan supaya kaya saya mas, tapi supaya kaya ilmu ! hehe

    ReplyDelete
  10. Buku ini beli dimana akh dan harganya berapa yah ? terima kasih banyak nih atas infonya, jadi ada referensi baru.

    ReplyDelete
  11. Insya Allah kebenaran sejarah para sahabat ada di al bidayah wan nihayah ini akh, karena saya baca di mukadimahnya, Ibnu Katsir menggunakan metodologi penyusunan kitab ini hanya menggunakan riwayat-riwayat yang dinukil secara shahih ataupun hasan. Beliau juga bersandar kepada al Quran tentunya dan menggunakan riwayat-riwayat hadits yang marfu' ataupun mauquf yang shahih dan hasan.

    Ayo mari menabung :)

    ReplyDelete
  12. belum lama beli. pas ada jakarta book fair kemarin. hehe... iyaya.... biar kaya ilmu.

    ReplyDelete
  13. Sebenarnya ana baru rencana mau beli, ana pernah lihat di gramedia matraman, kalo ga salah harganya sekitar 100 rb-150 rb, bukunya lumayan tebal, sama halnya dengan al bidayahnya ibnu katsir. dan satu lagi di kwitang nah kalo disitu akh indra bisa tawar, atau saya kasih tau triknya supaya ga usah tawar lagi. biasanya yah buku-buku itu dikasih label harga sama penjualnya. dilabel itu harganya ada 2, yang pertama terlihat jelas misalkan Rp.100.000 maka dibawah harga itu ada tulisan misalkan 75. maka di bikin skak aja bahwa harga buku itu 75 rb. dan dia dibawah itu tidak bisa di tawar lagi.

    ReplyDelete
  14. Insya Allah, akhi..karena buku beliau ini menjadi rujukan ulama-ulama dalam menerangkan kisah sahabat Radhiallahu'anhum ajma'in.

    ReplyDelete
  15. Oh ya sekalian mau kasih saran, kalau mau beli buku ini lebih murah di kwitang emperan. Di Walisongo memang lebih lengkap koleksi bukunya tapi perbedaan harganya cukup jauh ya dgn yang di emperan. Saya pernah beli kitab Fathul Baari jilid 1 di emperan itu 30 ribu dan pas saya liat di Walisongo ternyata harganya 64 ribu !. Memang sih wajar karena Walisongo ada gedungnya, tapi perbedaannya bisa dua kali lipat gitu ya hehe ngga heran kalau kata temen saya, penjual yang di emperan ini "musuh besarnya" walisongo hehe...Syukron atas tipsnya !

    ReplyDelete
  16. Akh mas Jaya dan Mbak Evi mau pulang yeah (balik lagi enggak?) kalau balik lagi ikutan nitip..he..he.he.

    ReplyDelete
  17. Insya Allah jawaban ini ada di halaman 40 - 67 di Al-Bidayah wan Nihayah ini. Mudah-mudahan bukunya cepet sampai kesana ya mba :)

    ReplyDelete
  18. thanks ebooknya indra :) :)
    sudah selesai kubaca :)

    ReplyDelete