Tuesday, August 23, 2005

Kita bersabar untuk apa ?



Assalamu'alaikum wr wb



Ada satu kisah menarik dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari
dan Imam Muslim mengenai kesabaran. Saat itu Abdullah bin Abbas ra
sedang berada di dekat Rasulullah saw dan beliau saw berkata "Demi
Allah, maukah kamu aku tunjuki kepada seorang wanita dari
penghuni surga ? Dia menjawab, "Iya".



Lalu ada seorang perempuan berkulit hitam tanpa hijab mendatangi Rasulullah saw dan berkata, "Wahai
Rasulullah, sesungguhnya aku pernah menderita penyakit ayan (epilepsi),
dimasuki jin dan kesurupan. Maka berdoalah kepada Allah untukku"




Rasulullah saw pun menjawab, "Kalau
kamu menghendaki, aku akan berdoa kepada Allah untukmu, tetapi kalau
kamu menghendaki, kamu bisa bersabar dan kamu akan mendapatkan surga"
[HR. Bukhari 5652, Muslim 2576]



Betapa indahnya dua pilihan ini dan betapa sangat indahnya pilihan yang
kedua ini. Rasulullah saw memaparkan dua langkah kepadanya, memilihkan
dua jalan kepadanya dan menurunkannya kepada dua posisi. Maka perempuan
itu berkata, "Aku akan bersabar dan mengharapkan pahala hanya dari
Allah. Kemudian perempuan itu berkata lagi, "Sesungguhnya aku ini masih
terbuka tanpa hijab wahai Rasulullah, berdoalah untukku supaya aku
tidak terbuka lagi. Maka Rasulullah pun mendoakan sang perempuan
tersebut agar tidak terbuka lagi.



Dia termasuk penghuni surga yang berjalan di permukaan bumi karena dia
telah merasa puas dengan akalnya yang merupakan nikmat yang paling
agung. Tatkala dia menyerahkan semua urusannya kepada Zat yang
Mahahidup lagi Maha Mengatur semua urusan hamba-Nya, maka Allah
membalasnya dengan surga yang seluas langit dan bumi.



Untuk di zaman sekarang ini dan bagi yang tinggal di kota-kota besar
tentulah nilai kesabaran ini merupakan hal yang amat sangat berharga
tetapi sulit untuk diamalkan. Sangat banyak hal-hal yang menuntut kita
untuk selalu bersabar seperti kalau kita pulang dari kantor dan
kemacetan di jalan sudah menunggu. Belum lagi ketika ditengah kemacetan
itu ada mobil yang tiba-tiba mogok di depan kita, atau mungkin ada bis
yang tanpa memakai sein langsung mengambil jalan didepan kita dan
banyak lagi hal lainnya yang menuntut kita untuk bersabar.



Kemarin kakak saya bercerita tentang musibah yang dialami temannya yang
mempunyai seorang anak yang berumur sekitar 1 tahun. Ketika sang ayah
dan ibunya sedang tidur siang, anaknya ini terbangun dan merangkak ke
arah kamar mandi. Dia melihat mainannnya ada di dalam bak tempat dia
biasa mandi dan berusaha mengambil mainan itu yang di dalam bak mandi
itu masih ada airnya. Seperti sudah bisa ditebak, anak itu terjatuh
kedalam bak mandi. Inna lilahi wa inna ilaihi raji'un,
tanpa diketahui pemilik sementara dari anak itu, Sang Pemilik yang
sesungguhnya mengambil milik-Nya dengan cara yang tak terduga. Anak itu meninggal karena tenggelam....



Bisakah kita bersikap sabar ketika keadaan semakin menyedihkan seperti
cerita teman kakak saya diatas ? Bisa !. Hanya saja dalam prakteknya
mungkin akan sedikit berat. Oleh karena itu Allah swt berfirman "Hai
orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai
penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar"
[QS 2:153]



Semoga orangtua sang anak itu ingat bahwa Allah swt pernah berfirman dalam hadits Qudsi, "Tiada
seorang hamba-Ku yang Ku-ambil kembali kekasihnya, yakni anggota
keluarga, ayah-ibu, dan orang-orang terdekatnya. Lalu ia mengharapkan
pahala dari-Ku, kecuali baginya surga sebagai balasannya"
[HR. Bukhari]




Juga firman Allah swt dalam surat az-Zumar, "Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas" [QS 39:10]



Dan untuk kita semua termasuk saya, semoga bisa selalu ingat bahwa Rasulullah saw pernah bersabda, "Ketahuilah bahwa sesungguhnya kemenangan itu diraih dengan kesabaran."[HR. Tirmidzi].
Kemenangan yang dimaksudkan bisa jadi bukan untuk di dunia ini, tapi
untuk di akhirat.
Oleh karena itu ada baiknya kita coba
dan terus berusaha untuk bersabar demi kemenangan di akhirat nanti.
Semoga kita semua termasuk didalam orang-orang yang sabar. Amin Ya
Rabbal Alamiin.





"Allahumma alhimni rusydi waqini syarra nafsi"

Ya Allah, anugerahkanlah kebenaran kepadaku

dan lindungilah
aku dari kejahatan hawa nafsuku

[HR. Tirmidzi 3483, al-Misykat 2476]




Wassalamu'alaikum wr wb















18 comments:

  1. bahkan george michael-pun tahu harus bersabar ... :p

    ReplyDelete
  2. Aamii, ya Rabbal 'Alamiin,

    Kaitannya dengan sabar ini Banyak didalam Ayat Al Quran perintah untuk bersabar, antara lain, Allah Berfirman :

    Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. Bertakwalah kepada Tuhanmu". Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. (Qs.39:10)

    Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah mengerjakan yang baik dan cegahlah dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan . (Qs.31:17)

    Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka mengharapkan perhiasan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas. (Qs.18:28)

    Dan jika kamu memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu . Akan tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yang sabar.Bersabarlah dan tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah dan janganlah kamu bersedih hati terhadap mereka dan janganlah kamu bersempit dada terhadap apa yang mereka tipu dayakan. (Qws.16:126-127)

    Dan bersabarlah, karena sesungguhnya Allah tiada menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat kebaikan. (Qs.11:115)

    Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. Dan kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyakitkan hati. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan. (Qs.3:186)

    Allahumma alhimni rusydi waqini syarra nafsi"

    ReplyDelete
  3. ...kau menyiksa ingatanku dgn ceritamu itu...

    ReplyDelete
  4. Sepengetahuanku, yg namanya sabar itu ketika kita menungu sesuatu.
    Dalam kisah di atas, si orang tua harus sabar menunggu apa tuh ?

    ReplyDelete
  5. gak tepat mas... kata "shabar" dlm bahasa Arab itu memiliki berbagai makna yg semuanya menyiratkan kekuatan... turunan dari kata ini menciptakan kata2 baru yg artinya antara lain "tanah gersang yang tandus", "awan yg sangat tinggi yg meliputi awan lain di bawahnya", "pemuka kaum", dan sebagainya... jadi perlu dipahami bahwa kata "shabar" mencakup semua sifat-sifat kekuatan, bukan sekedar pasrah karena tak mampu berbuat apa-apa... org yg tersinggung pada org lain dan bisa saja menghajarnya habis2an, tapi hal tsb tdk dilakukannya, maka itu pun adalah contoh sebuah kesabaran... bahkan semua hal yg menuntut kekuatan pada hakikatnya juga menuntut kesabaran... termasuk sekolah, bekerja, berkeluarga, dan sebagainya...

    ReplyDelete
  6. Maaf, mas Indra (apa mas Yogi sih?), ini, saya cuma mau share dikit. setahu saya wanita tersebut bukan tanpa hijab. Dia sudah berhijab, tapi setiap kali datang penyakit ayan-nya, hijabnya terbuka ( tanpa disadari tentunya). Makanya dia minta di doakan oleh Nabi supaya kalau datang penyakitnya, hijabnya tidak terbuka. Dan untuk tambahan, sebuah hadits mengatakan "ash-Shabru 'indas shadmatil ula" jadi sabar itu ya pas terjadinya musibah, saat itulah sesorang benar2 teruji apakah dia orang yang sabar atau tidak. karena saat terjadi musibah itu biasanya yang main adalah bawah sadar/refleks.

    ReplyDelete
  7. seingat saya juga ceritanya seperti itu, tapi berhubung saya bukan ahli hadits ya silakan dicek dulu deh... hehe

    anyway, maksud kalimat "sabar itu pas terjadinya musibah" adalah bahwa sabar adalah sikap yg harus dipertunjukkan pada saat ketika kita mengalami cobaan tsb... jadi sabar itu gak boleh terlambat, gitu... misalnya kalau ada saudara kita yg meninggal lalu kita teriak2 histeris, lalu beberapa jam kemudian baru mengelus-elus dada sambil berkata "sabar... sabar..." nah ini sih sudah dikategorikan 'terlambat'... hanya saja masalahnya adalah pada istilah 'musibah' ini... menurut saya, semua cobaan adalah musibah.. orang2 yg saleh menganggap jabatan sbg musibah, kan? jadi semua cobaan pun harus dihadapi dgn sabar, bukan hanya 'musibah' seperti bencana alam, wafatnya org2 yg kita cintai dan hal2 sejenisnya saja...

    ReplyDelete
  8. Sabar itu gampan diucapkan tapi susah dilaksanakan ya

    ReplyDelete
  9. sorry mal kalo jadi bring back some memories maybe ?

    ReplyDelete
  10. Betul mas, ngga segampang membalikkan telapak tangan. Mungkin karena itulah Allah memberikan penghargaan tersendiri untuk orang-orang yang berhasil bersabar...Wallahu'alam

    ReplyDelete
  11. Sama seperti saat bokap gw meninggal.. gw inget banget ama tulisan Taufiq Ismail di pengantar buku waktu salah satu putra saudara jauh gw meninggal..
    "Anakku bukan milikku" gw ganti jadi "Ayahku bukan milikku"..
    Dan saat penguburan Alm Ibu Tien Soeharto di TV,gw cuman nonton ber-2 ama alm. dan tiba2 beliau bilang ama gw "besok kalau bapak meninggal enggak ada yang boleh menangis".. itu sekitar bulan Maret 1996.. dan awal Juni 1996 bokap gw di minta pulang ama Pemiliknya..
    Entah sabar atau ikhlas atau emang udah dikuatkan sejak sebulan sebelumnya..
    Tapi gw yakin banget alm bokap gw ada yang ngejaga-in, lebih dari gw di sini..

    ReplyDelete
  12. bukan gitu mas... masalahnya cerita yg mas tulis itu (tentang anak yg meninggal) itu begitu menyeramkan buat saya, dan kemungkinan besar saya perlu brainwash total kalo mau melupakannya... jadi kepikiran mulu... gmn kalo terjadi sama saya? bisa sabar gak ya?

    ReplyDelete
  13. amin Ya Robb,......................saya terharu mbaca kisah tadi.dan kadang saya juga nggak berani kasih nasihat ttg kesabaran krn takut pas saya ngalamin saya gak bisa sabar.apalagi dengan ketiga anak-anaku yg lucu kadang ketika ada yang sakit saya ngrasa belom sabar apalagi kalau terjadi seperti kisah tadi.

    ReplyDelete
  14. Assalamu'alaikum n salam kenal

    betuuuuul,,,pengen sabar tuh terasa berat

    ReplyDelete
  15. Wa'alaikumsalam

    Salam kenal juga ya, mudah-mudahan selalu dikasih kekuatan untuk bersabar ya. Kalau susah untuk sabar, inget-inget balesannya aja, insya Allah kuat :)

    ReplyDelete
  16. kesabaran itu adalah separuh drp iman....di sini saya lampirkan satu laman web khas utk semua: http://fortheheart.blogspot.com/2004_11_14_fortheheart_archive.html

    ReplyDelete