Sunday, September 25, 2005

Kalianlah cerminku


Assalamu'alaikum wr wb

Alhamdulillah diskusi dan kajian Islam yang saya buat di rumah kemarin sore bisa berjalan lancar. Ust Fauzi yang walaupun dalam keadaan lelah karena beliau tugas ceramah dari subuh, masih bisa hadir di rumah untuk memberikan siraman rohani di rumah saya. Beliau datang sekitar jam 4 sore dan saat itu belum ada satu pun yang hadir. Akhirnya beliau numpang untuk bisa tidur dulu sekitar 20 menit sambil menunggu temen-temen hadir.

Sekitar jam setengah 6, diskusinya dimulai. Yang hadir saat itu Nita, mas Iwan dan tiga orang temannya dari YISC Al Azhar. Alhamdulillah mas Iwan membawa temannya, karena kalau ngga, pengajian itu mungkin hanya dihadiri tiga orang saja yaitu saya, mas Iwan dan Nita sebagai team tetap diskusi kajian dirumah saya :). Diskusi Kajian Islam hari ini dihadiri enam orang termasuk saya. Lebih sedikit dibanding beberapa minggu yang lalu yang mencapai 15 orang yang hadir :). Sebenernya itu ngga menjadi masalah juga, karena yang penting adalah ilmunya yang bisa diambil dari ust. Fauzi.

Saya sangat salut sekali dengan teman-teman saya yang hadir sore itu dan di diskusi kajian yang lalu. Salut dengan mas Iwan yang dengan aktifitasnya dari pagi kuliah di Al Azhar dan sorenya tanpa rasa lelah menuju rumah saya untuk belajar Islam lagi. Salut dengan mas Agung yang cukup jauh dari Tebet menuju Slipi "hanya" untuk diceramahin. Salut dengan Nita yang di hari Minggu itu dia mendapat jatah lembur dikantornya dari pagi sampai sore dan masih menyempatkan diri untuk kerumah saya dan memperdalam Islam setelah itu pulang sendiri naik taksi menuju rumahnya di Ciledug. Salut dengan mba Tiara (GwDunksSukaOranye) yang jauh-jauh dari Cirendeu menuju Kemanggisan "hanya" untuk mendengar ceramah. Salut kepada mereka yang masih menaruh minat untuk mendalami Islam lebih jauh tanpa melihat perbedaan umur dan hal lainnya dan hanya mengharap ridha-Nya. Semoga semangat kita tak akan pernah padam sampai Israfil melakukan tugasnya. Amin.

Di diskusi kajian yang sebelum ini yang hadir mencapai 15 orang, ibu sempat menitikkan airmata ketika melihat temen-temen yang dengan semangat menanyakan berbagai macam pertanyaan. Saking semangatnya, setiap usai sholat magrib dan isya, ust Fauzi selalu saja di kerubungi dan diserbu oleh berbagai macam pertanyaan. Ketika melihat hal itulah ibu menitikkan airmata karena beliau terharu dengan semangat anak-anak muda itu dalam mencari ilmu tentang Islam. Beliau cerita tentang hal ini ke ust. Fauzi lalu ust Fauzi menceritakan kembali ke saya.

Bunda, bukan bunda saja yang terharu, kadang aku pun merasa sama. Setiap mereka melangkahkan kaki untuk pulang aku selalu melihat semangat yang tak pudar di diri mereka, walaupun setelah seharian mereka berada diluar dan melakukan berbagai macam aktifitas. Betapa aku merasa bahwa disetiap mereka terdapat cermin-cermin yang disitu aku bisa berkaca dan melihat diriku sendiri sambil berkata, sudahkah aku seperti mereka ? sungguh aku masih jauh bunda....

Kalianlah cerminku dan terima kasih telah membuatku berkaca, mohon maaf kalau temanmu yang dhaif ini belum bisa memberikan sesuatu apapun melainkan hanya berharap agar Allah senantiasa memberikan balasan yang terbaik untuk di hari akhir nanti. Semoga Ramadhan tahun ini bisa menjadi turning point bagi kita semua untuk memperbaiki diri dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk bertemu dengan-Nya suatu hari nanti. Amin Allahuma Amin.

"Barangsiapa yang menempuh jalan yang menuju ke pengetahuan, Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga, dan para malaikat mengembangkan sayapnya karena senang pada orang yang mengincar ilmu, serta seluruh penghuni surga dan bumi bahkan ikan di kedalaman lautan, memohon ampunan untuknya"
[HR.Ibnu Hanbal 196]


Wassalamu'alaikum wr wb

Rangkuman topik diskusi

27 comments:

  1. dan para malaikat mengerubungi mereka yang berkumpul di majelis ilmu. mendoakan ampunan dosa dan ridho Allah swt untuk mereka. beruntunglah mereka yg diringankan langkahnya menuju majlis ilmu...
    moga terus berlanjut yah mas Indra kajian ilmunya :)

    ReplyDelete
  2. Smoga semangat Tholab al-Ilmi ini
    semakin membudaya di kalangan generasi muda Islam.
    Karena perjuangan Ulama yang semakin hari, semakin
    berkurang, harus diteruskan.

    ReplyDelete
  3. Mas Indraaaaaaaaa, aku terharu membaca journal mu ini, ihiks....
    Mudahan malaikat ilmu melebarkan sayap2nya utk anak2 muda penuntut Ilmu-ilmu agama, mudahan kaaffah! Amiin...

    ReplyDelete
  4. ada pengajian kok nggak ngajak-ngajak?

    ReplyDelete
  5. ndra, sebenernya saya mau kasih surprise hehehehehe tapi karna orang kampung gak tau jalan, jadi batal. niatnya masih kurang kuat kali ya . :)

    ReplyDelete
  6. Mas, ringkasan pengajiannya diposting juga dooong.. jadi kami-kami yang gak bisa ikutan datang, bisa tetap mendapatkan ilmunya..

    Misal: Pengajian tgl .......
    Ringkasan materi :
    1. Bahwa....
    2. Tidak boleh....
    3. Diwajibkan...
    dst

    Plieeeeesssss...

    ReplyDelete
  7. astaghfirullah ...
    maaf indra, saya betul-betul lupa kalo hari minggu ada pengajian. jadinya, konfirmasi pun tidak. sore itu, saya terpukau pada hujan lebat sekali diiringi angin kencang, dan baru berhenti menjelang maghrib.

    (baru teringat pengajian, setelah baca postingan ini) :)

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah, terima kasih atas doanya ya mas

    ReplyDelete
  9. Amin Ya Allah ! semoga terus diberikan semangat yang tak pernah padam untuk mencari ilmu.

    ReplyDelete
  10. :) Terima kasih atas doanya ya mba, mudah-mudahan dijabbah. Aamiin

    ReplyDelete
  11. Ngajak kok, bahkan saya pasang di kalender MP disini :)

    ReplyDelete
  12. Sampai kapan ada di Jakarta mba ? nanti kalau ada saya kabarin lagi ya :)

    ReplyDelete
  13. Hehe iya mas nanti diusahakan untuk dibuat reviewnya. Karena baru sejak kemarin kita bikin satu ketentuan bahwa setiap materi yang dibahas oleh ustadz, harus ada diktat/selebaran yang sesuai topik yang bisa dibawa pulang untuk dibaca-baca lagi. Disini ada sedikit rangkuman topik yang dibahas kemarin. Mudah-mudahan bermanfaat.

    ReplyDelete
  14. Ngga papa mas, saya inget sebenernya sama mas Tian, tapi takutnya sedang quality time dengan keluarga :) soalnya kan hari Minggu hehe

    ReplyDelete
  15. Insya Allah nanti bulan puasa ada lagi mas. Nanti saya pasang di calendar event ya

    ReplyDelete
  16. irma gak sabaran nutup mpnya duluan yaaaa :(

    ReplyDelete
  17. Mungkin akunya yang kecepetan nutup MP nya :). Insya Allah ada lagi

    ReplyDelete
  18. Assalamu'alaikum... mau ikut berdoa, semoga majlis ilmunya menjadi lahan amal shaleh buat semuanya. Amin

    ReplyDelete
  19. Amiin..
    Indra ini.. Selalu bikin aku malu. Malu karena Indra yang tulisan dan kisah2nya selalu bisa kasih pelajaran berharga buat aku, ternyata masih ngerasa dirinya "belum apa-apa". Gimana sama aku ya? ^_^ Makasih untuk semua posting-an kamu ya Ndra! Wassalam..

    ReplyDelete
  20. Oh yang itu dah dibaca hehehe... Syukron yaaa..

    ReplyDelete
  21. hanya seminggu ndra, iya Insya Allah nanti mah udah tau harus gimana ...(baru ketauan tadi ngobrol ma temen) :)

    ReplyDelete
  22. Wah.. seneng sekali yah bisa ikutan gabung di acara pengajian yang diadakan Mas Indra gini.. bisa nimba ilmu agama...
    syang di Jkt Ihikkss.. :-(

    ReplyDelete
  23. Wah.. seneng sekali yah bisa ikutan gabung di acara pengajian yang diadakan Mas Indra gini.. bisa nimba ilmu agama...
    syang di Jkt Ihikkss.. :-(
    Btw kompak juga MPers MPersnya ... :-)

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah mba, masih diberi kesempatan dari-Nya untuk sama-sama mencari ilmu. Dan berawal dari internet :)

    ReplyDelete
  25. pemuda2 islam yang akan mewarnai...akh indra, pasti diskusinya menarik. salut buat semuanya, terutama bagi fasilitator yang selalu merasa kurang dan rendah hati, tidak pernah menampakkan kesombongan...

    ReplyDelete