Wednesday, May 23, 2007

Diskusi INSISTS: Pemikiran Khilafah Sayyid Qutb

Start:     May 26, '07
Sayyid Qutb, tokoh yang dijuluki oleh Prof Leonard Binder sebagai penggagas radikalisme Islam, menarik dikaji pemikirannya. Binder mencoba memisahkan pemikiran Qutb dengan pemikiran-pemikiran tokoh Ikhwan lainnya. Beberapa orientalis Barat malah menjulukinya sebagai “the founder of terrorism”. Pemikiran Qutb tentang jihad atau radikalisme telah banyak dikaji.

Kini kita mencoba mengkaji pemikirannya tentang Khilafah atau Negara Islam. Bagaimana pemikiran Qutb tentang Khilafah Islamiyah? Mengapa ia bersama Gamal Abdul Nasser menggulingkan Raja Fuad? Mengapa Sayyid Qutb menginginkan Islam sebagai dasar Negara Mesir? Kajian dan Diskusi INSISTS Sabtu ini akan mencoba menjawabnya.

Diskusi ini insya Allah akan diadakan pada:

Hari/tgl: Sabtu/26 Mei 2007
Pemateri: Nuim Hidayat, MSi
Jam: 10.00-12.00 WIB
Tempat: Sekretariat Insists, Jl Kalibata Utara II/84, Jaksel Tlp. 021-7940381

Note: Peserta terbatas maksimal 40 orang. Free of charges.

Biografi singkat Pemateri:

Nuim Hidayat, lahir Bojonegoro 20 Juli 1969. Pendidikan S1 diselesaikan di IPB Bogor dan S2 di UI, Program Kajian Timur Tengah dan Islam. Sejak kecil telah bergelut dengan dunia pesantren hingga mahasiswa. Mantan wartawan dan Dosen di Univ Ibn Khaldun serta STID M Natsir ini telah menulis beberapa buku diantaranya: Sayyid Qutb: Biografi dan Kejernihan Pemikirannya, Islam Liberal, Theo Syafei dan Bara di Kupang dan lain-lain. Ia juga sering menulis di media massa, diantaranya: Media Dakwah, Sabili, Hidayatullah, Adz Zikra, Republika, Gatra dan lain-lain. Kini selain mengajar mahasiswa, ia juga menjadi Sekjen Dewan Dakwah Islamiyah Depok dan Kepala Bagian Penerbitan Gema Insani.


8 comments:

  1. kenapa selalu pagi hari acaranya ?
    secara sabtu pagi masih masuk kerja :(

    ReplyDelete
  2. Soalnya waktu pagi itu waktu yang paling manteb buat nyerap ilmu :D....izin kerja ngga bisa ya ? hehe

    ReplyDelete
  3. mas Nuim, adiknya mas Adian Husaini ya?

    ReplyDelete
  4. saya juga ngiri euy...inginnya kabur dari tempat kerja di Bandung...

    ReplyDelete
  5. Bang indera ada audio nya ngga...hasil dari diskusi² itu...??Kapan nich mostingin lagi diskusinya² para saraya Insists

    ReplyDelete
  6. iya bang indera, rekamannya di upload yah ^_^
    penasaran banget nih..tapi gak mungkin bisa datang:(

    ReplyDelete
  7. Jujur aja file audionya ada....hampir semua topik diskusi yang diadakan INSISTS insya Allah ada. Tapi waktu untuk ngedit dan uploadnya itu lho yang kadang-kadang ngga ada hehe....maunya pas semuanya sudah diedit baru diupload berbarengan....jadi mohon sabar yah ?....yah itung-itung biar semakin sering update dan silaturahim ke MP saya ini :D

    ReplyDelete