Monday, March 5, 2007

Buku "Tren Pluralisme Agama", raih Islamic Book Fair Award 2007

Rating:★★★★★
Category:Other
Buku "Tren Pluralisme Agama, Tinjauan Kritis", karya Dr Anis Malik Thoha yang diterbitkan oleh Penerbit Perspektif (Kelompok GIP), memperoleh penghargaan Juara I, di Islamic Book Fair Award 2007. Juara II penghargaan untuk buku kategori non fiksi ini diperoleh Maria Ulfah dengan judul bukunya "Fikih Aborsi".

Sedangkan juara III diperoleh Adian Husaini dengan karyanya "Hegemoni Kristen Barat dalam Studi Islam di Perguruan Tinggi" (Penerbit GIP). Buku "Hijrah dalam Pandangan Islam", karya Dr. Ahzami Samiun Jazuli (Penerbit GIP), memperoleh juara III kategori buku terjemahan.

Pengumuman Islamic Book Fair Award yang berlangsung ini disampaikan Sabtu kemarin (3 Maret 2007), oleh anggota Dewan Juri, Nina Armando. Sebagai Ketua Dewan Juri adalah Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, Rektor UIN Jakarta. Sedangkan anggota Dewan Juri lainnya antara lain adalah Dr. Fuad Jabali dan Helvy Tiana Rosa. Sedangkan yang meraih sebagai tokoh perbukuan 2007 adalah Gola Gong. Dalam acara yang dihadiri sekitar 100 orang aktivis perbukuan itu hadir Ibu Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla dan Ibu Menteri Pemuda dan Olah Raga Mira Adyaksa Dault.

Acara Islamic Book Fair Award 2007 ini berlangsung bersamaan dengan pembukaan Islamic Book Fair 3-11 Maret 2007 di Istora Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta.

Seperti diketahui, Dr. Anis Malik Thoha dengan karyanya 'Tren Pluralisme Agama' (edisi bahasa Arab) tahun 2006 kemarin memperoleh penghargaan sebagai karya ilmiah terbaik, Ismail al-Faruqi Publications Award di IIUM, Kuala Lumpur. Tahun lalu, buku "Wajah Peradaban Barat, dari Hegemoni Kristen ke Dominasi Sekuler Liberal" (GIP), karya Adian Husaini memperoleh penghargaan sebagai buku terbaik di Islamic Book Fair Award 2006 untuk kategori buku non fiksi.

Islamic Book Fair merupakan ajang Pameran Buku Islam paling besar. Tahun ini merupakan tahun ke-6 yang digelar di Istora Senayan, Jakarta. Pameran ini dibuka oleh istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mufidah Jusuf Kalla dengan mengusung tema "Indahnya Syariah dalam Kehidupan".

Tak kurang 167 peserta pameran dari berbagai penerbit buku Islam di Indonesia hadir. Dari buku ensiklopedi Islam, pemikiran kontemporer sampai kisah-kisah anak ikut dipamerkan dalam pameran kali ini. [nuim/cha] hidayatullah.com

3 comments:

  1. kira2 Komarudin Hidayat ngasi respon gimana ya thd buku Pak Anis Malik Thoha dan Adian Husaini itu? :p

    ReplyDelete
  2. Wah... Pameran Buku Islam yang sangat bagus sekali... saya jadi ingin melihat kesana deh...

    ReplyDelete
  3. Hehehe....we have the same question here

    ReplyDelete