Monday, November 7, 2005

Buku : 65 Manusia Langit, Perjalanan Hidup Sahabat Rasulullah

Rating:★★★★
Category:Books
Genre: Reference
Author:Dr Abdurrahman Ra'fat al-Basya
Judul buku: 65 Manusia Langit: Perjalanan Hidup Sahabat Rasulullah Penulis: Dr Abdurrahman Ra'fat al-Basya
Penerjemah: Asep Sobari, Lc dan Yuni
Penerbit: Senayan Abadi
Cetakan: I, September 2005


Berkaca Pada Sahabat Rasulullah

Siapa pun yang menelusuri jejak perjalanan hidup para sahabat Rasulullah akan mendapati sosok-sosok manusia dengan prestasi luar biasa. Manusia yang mampu membangkitkan semangat juang di jalan Allah dan menyempurnakan kesabaran mempertahankan keislaman mereka saat ujian dan fitnah mendera bertubi-tubi. Kepribadian mereka yang agung dapat menghidupkan hati setiap orang yang membaca kisah mereka. Tidak ada satu pun di antara mereka, kecuali telah melukiskan sejarah keharuman manusia yang mesti dijadikan teladan.

Buku ini memuat kisah hidup dan perjuangan para sahabat agung itu. Yakni, mereka yang telah meneguk air keimanan langsung dari Rasulullah SAW. Mereka juga telah merasakan manisnya berjuang di jalan Allah dan indahnya hidup dalam embusan napas kesabaran untuk mempertahankan akidah dan iman mereka. Penulis mengumpulkan perjalanan hidup 65 sahabat Rasulullah. Mereka antara lain Anas bin Malik, Abdullah bin Jahsy, Abu Dzar al-Ghifari, Salman Al-Farisi, Abdullah bin Abbas, Zaid bin Haritsah, Bilal bin Rabah, dan Zaid bin Tsabit. Selain itu, Abdurrahman bin Auf, Ja'far bin Abi Thalib, Abu ad-Darda', Muadz bin Jabal, Utsman bin Affan, hingga Amr ibnu Ash.

Hal yang menonjol pada diri para sahabat agung itu adalah keikhlasan dan ketulusan mereka dalam menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangan Allah SWT. Mereka mencintai Allah dan Rasul-Nya lebih dari mereka mencintai diri sendiri dan keluarganya. Merek rela mengorbankan jiwa, raga, dan hartanya demi perjuangan Islam yang mulia. Setiap kali turun ayat Alquran, merekalah orang-orang pertama yang berlomba-lomba untuk melaksanakannya. Penulis berhasil menyajikan kisah hidup para sahabat secara ringkas namun padat, dengan kutipan dan dialog-dialog yang menarik.

Setiap tokoh sahabat ditulis dengan simpati dan empati yang mendalam, sehingga mampu menyentuh batin orang-orang yang membacanya. Buku ini amat perlu dibaca oleh setiap Muslim. Dengan berkaca pada para sahabat Rasulullah, insya Allah kita akan memperbaiki kehidupan kita menuju jalan yang diridhai Allah SWT.

6 comments:

  1. Hal yang menonjol pada diri para sahabat agung itu adalah keikhlasan dan ketulusan mereka dalam menjalankan segala perintah dan menjauhi segala larangan Allah SWT. Mereka mencintai Allah dan Rasul-Nya lebih dari mereka mencintai diri sendiri dan keluarganya. Mereka rela mengorbankan jiwa, raga, dan hartanya demi perjuangan Islam yang mulia. Setiap kali turun ayat Alquran, merekalah orang-orang pertama yang berlomba-lomba untuk melaksanakannya.
    ---indrayogi---
    Iya Mas, begitu banyak teladan mulia yang dapat kita ambil dari para sahabat. Makanya saya heran, masih ada juga orang yang mencerca dan mencela sahabat Rasulullah, bahkan yang terdekat. *prihatin*
    Makasih atas review-nya, jadi pengen juga...

    ReplyDelete
  2. Sangat-sangat banyak bahkan kalau kita berkaca ke diri kita sendiri, seakan ngga ada apa-apanya dibanding mereka. Semoga mereka yang tidak mengerti sejarah para sahabat diberi hidayah dan menjadi mengerti betapa mulianya para sahabat nabi saw. Aamiin

    ReplyDelete
  3. Jelas, kita nggak ada apa2nya dibanding assabiqunal awwalun tsb. Tapi kalau ingin membuat mereka iri pada kita, ya mari kita rebut sebutan "akhi Rasulullah".

    ReplyDelete
  4. Bukunya sangat menarik juga, bisa untuk jadi salah satu koleksi perpustakaanku tapi gimana mau belinya berat di ongkos?? nanti deh kalo pulang ke indo tahu buku apa yg harus di beli. makasih ya...!!

    ReplyDelete
  5. Paling tidak review ini bisa jadi referensi buat nanti belanja buku :). Siapa tau bisa nitip saudara yang kebetulan mungkin mau kirim barang juga hehe

    ReplyDelete
  6. sungguh bagus,walaupun saya belum semuanya buku ini dibaca,tapi rata2 semua perjalanan sahabat nRosulullah saw sungguh menakjubkan.

    ReplyDelete