Tuesday, July 10, 2007

Pengalaman pertama bersama istri

Assalamu'alaikum,

Kalau membaca judul diatas konotasinya bisa macam-macam. Tapi yang saya maksud disini benar-benar yang pertama kali saya lakukan didepan publik dan bersama istri pula.

Ketika saya menikah bulan September 2006 lalu, banyak rekan-rekan saya yang menawarkan bantuan tenaganya apabila dibutuhkan. Tapi saat itu bantuan tenaga sudah mencukupi dan saya juga ngga mau merepotkan teman-teman saya. Bahkan kalau memungkinkan, saya maunya mereka semua menjadi tamu bukan panitia. Tapi ada satu teman saya atau mungkin lebih tepatnya dibilang seorang sahabat. Karena saya memang kenal dia semenjak sd kelas 5, namanya Dodo. Sepuluh tahun lebih bersahabat dengan dia banyak menimbulkan kenangan yang seru, lucu sekaligus menyebalkan. Dodo dan saya punya cukup banyak kesamaan dalam bidang hobi. Mulai dari koleksi mainan GI.JOE jaman sd dulu, main skateboard bareng di Senayan tahun 95an sampai yang terakhir airsoft gun.

Bukan bermaksud sombong nih ya, tapi biasanya trendsetter dari hobi-hobi itu adalah saya hehehe. Sayalah yang memulai demam GI.JOE, skateboard dan airsoft gun. Kalau hobi yang terakhir ini kita mulainya barengan dan tanpa sengaja ketemu lagi sudah dalam keadaan demam airsoft gun. Uniknya, biasanya saya pulalah yang mengakhiri hobi-hobi itu. Ketika teman-teman saya yang lain koleksi GI.JOE nya sudah semakin banyak, saya justru memilih berhenti mengoleksinya. Otomatis saya jadi sering diprotes karena dikatakan ngga konsisten dengan hobi saya itu hehehe. Tapi ya itulah karena saat itu kita masih kecil-kecil, sehingga sekarang moment-moment seperti itu menjadi hal yang lucu untuk diingat-ingat setelah dewasa.

Kembali ke topik, ketika saya sedang mempersiapkan pernikahan Dodo menawarkan bantuannya untuk menjadi bagian dokumentasinya alias fotografer pernikahan saya dan Nina. Reputasi Dodo dalam fotografi bagi saya ngga perlu saya ragukan lagi selain karena dia memang keponakan dari Darwis Triadi dan banyak menuntut ilmu fotografi dari beliau, Dodo pun punya style sendiri dan sekian lama bersahabat dengannya membuat saya yakin bahwa nantinya dia akan menjadi fotografer yang handal. Terlebih lagi dengan kebaikan hatinya untuk ikut berpartisipasi dalam acara pernikahan saya.

Akhirnya jadilah Dodo dan teman saya satu lagi menjadi fotografer pernikahan saya. Saat itu saya bilang sama Dodo supaya kalau bisa budgetnya jangan gede-gede ya karena memang terbatas dananya. Tapi Dodo punya jawaban yang membuat saya terharu. Dia hanya menjawab, "Ndra dulu gue pernah ber-azzam sama Allah kalau gue dijadiin orang yang handal dalam bidang fotografi, gue bakal bantu temen-temen gue yang perlu dibantu. Soal bayaran ngga usah lo pikirin, sekarang lo tinggal konsen ke hari H aja. Everything is under control bro".

Singkat cerita Dodo pun melakukan tugasnya dan malam sebelum hari pernikahan saya, Dodo ada acara dulu bersama calonnya dan baru bisa malam berangkat ke Bandung, akhirnya yang membuat saya semakin takjub adalah profesionalitas yang dia tunjukkan tanpa memandang bayarannya. Saat itu Dodo dan partnernya berangkat ke Bandung jam 2 pagi dan melakukan pemotretan pernikahan saya jam 8 paginya !. Subhanallah, jazakallah khair ya bro. Sebagian hasil foto-fotonya bisa dilihat disini.

Nah tanggal 7 Juli kemarin, akhirnya Dodo pun menyusul saya. Dia memutuskan untuk berhenti melajang dan memilih untuk menikah. Ketika dia mengabarkan hal ini, yang terbayang di benak saya adalah apa ya yang bisa saya bantu untuk Dodo. Saya juga memberitahu Dodo kalau ada yang perlu dibantu silahkan telpon saya. Benar saja, ngga lama setelah dia mengabarkan rencana menikahnya Dodo kembali menelpon saya dan meminta saya menjadi Qori dan istri saya Nina menjadi saritilawahnya. Waduh ini tugas yang berat pikir saya, karena dari segi bacaan dan lagu masih banyak yang jauh lebih baik dari saya. Tapi saat itu Dodo ngga memberikan pilihan tugas yang lain dan juga ngga memberikan saya cukup waktu untuk berpikir.

Saya cuma tanya ke Dodo kenapa kok bisa kepikiran saya untuk Qorinya. Dodo menjawab, bahwa dulu ketika saya menikah dan memberikan mahar ke Nina berupa hafalan surat Ar-Ruum 20-23, katanya saat saya membacakan mahar itu dia sempat merinding dan hampir nangis. Ketika dia mengatakan alasan itu saya sempat diam dan terpikir, Ya Allah...ketika dulu dia membantu saya, dia melakukannya tanpa pamrih...bahkan hutang ongkos transportasi yang dulu pernah saya janjikan pun belum saya lunasi dan dianya sendiri tak pernah sekalipun menagih hutang itu, masya Allah baik bener ini orang. Kalau saya tolak, maka dengan apa lagi saya bisa membalas kebaikan dia. Tapi kalau tawaran ini saya terima pun bebannya ngga main-main. Setelah berpikir cukup lama akhirnya saya putuskan untuk menerima tawaran Dodo itu.

Akhirnya tanggal 7 Juli 2007 itu jadilah pengalaman pertama saya dan Nina duduk berdampingan di dekat mimbar masjid Bank Indonesia dan dihadapan khalayak ramai. Saya yang mengaji dan Nina yang menterjemahkannya. Benar-benar pengalaman pertama yang mendebarkan. Semoga sang janin yang ada di perut Nina bisa ikut mendengar ayah dan ibunya ngaji :). Semoga juga dengan ini pernikahan Dodo akan lebih membawa keberkahan dan dijadikan oleh Allah menjadi keluarga yang selalu dalam keridhaan-Nya. Barakallahulaka wabaaraka ‘alaika wa jama’aka bainakuma fii khoir. Amin

Wassalamu'alaikum





33 comments:

  1. Amiin... Buat Mas Dodo semoga pernikahannya barokah.
    Buat Bang Indra.... ehmm.. cieeeeeee.... ^_^ Nggak nyangka bisa qiro'at juga, di nikahan saya bersedia nggak Bang? ^_^

    ReplyDelete
  2. Kalo gini:
    Pengalaman Bersama Istri Pertama
    gimana akh?
    ;-]

    ReplyDelete
  3. waa.....selamat kalau begitu.
    selamat juga buat pengantennya, barokalloh.....amin...

    ReplyDelete
  4. Wah qiro'atnya masih tahap belajar kok hehehe hhmmm bersedia ngga yah ? saya perdalam dulu deh ilmunya :D

    ReplyDelete
  5. Masya Allah ya akhi ! antum kok jadi ngomporin gini sih ? hehehe

    ReplyDelete
  6. tergantung antum pake briket, gas biru atau gas hemat...?
    hehehe ... asal jangan kayu bakar ya, makin gundul hutan dan lamaaaaaaa ... *****nya.
    ;-]

    ReplyDelete
  7. dulu maharnya hapalan surat ar-rum 20-23? subhanallah. :)

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah iya mas Tian. Selain memang hadiah spesial untuk istri, saya juga mencoba untuk mempopulerkan sunnah tentang mahar yang zaman sekarang sedikit terlupakan. Alhamdulillah setelah saya, kakak saya pun maharnya hafalan surat yang sama ketika menikah bulan Januari kemarin. Begitu juga teman dekat kakak saya yang menikah dengan mahar hafalan surat Al Qur'an. Dan ini ada landasannya dari hadits lho :)

    Dikisahkan ada seorang laki-laki yang meminta dinikahkan oleh Rasulullah, tetapi ia tidak memiliki sesuatu pun sebagai mahar, walaupun sebuah cincin dari besi. Kemudian beliau bertanya kepadanya, "Apakah engkau menghafal Al-Qur'an?" Ia menjawab, "Ya, aku hafal surat ini dan surat itu (ia menyebut beberapa surat dalam Al-Qur'an). "Maka beliau bersabda, "Aku menikahkan engkau dengannya dengan mahar surat Al-Qur'an yang engkau hafal itu!" (Shahih Bukhari Jilid IV, hadits no. 1587).

    ReplyDelete
  9. Barakallahulaka wabaaraka ‘alaika wa jama’aka bainakuma fii khoir buat pa dodo

    ReplyDelete

  10. hmm... jadi ngarep dkasih mahar yg sama.... =)

    ReplyDelete
  11. Minta dong sama calonnya hehe udah ada kan ?

    ReplyDelete
  12. Selamat berbahagia.
    Semoga jd keluarga dgn ketentraman jiwa dan bahagia lahir batin, Amiin!

    ReplyDelete
  13. Amin !.....btw mba, doanya buat saya juga kan ya ? heheh takut kepedean

    ReplyDelete
  14. beruntung nya punya temen yg kaya gitu..melakukan sesuatu tanpa pamrih:)smoga persaudaraan kalian kekal dari dunia hingga akhirat

    ReplyDelete
  15. Iya beruntung banget mba, makanya saya juga bales sejauh yang saya mampu untuk dia :)

    ReplyDelete
  16. akh indra, titip salaam buat dodo. barakallahu...intip jurnal saya ya, makin cinta (nggak tahu cara nyisip link nih...), kebetulan kami hari h nya sama...
    btw, semoga Allah senantiasa memberkahi persahabatan akh indra dan dodo

    ReplyDelete
  17. heuheu.. :D
    smoga si teteh dan calon bayi nya sehat ya boss ;)

    ReplyDelete
  18. subhanallah.. suami istri yang kompak :)
    dan juga persahabatan sejati yang mengesankan!

    ReplyDelete
  19. Hiks, jurnal episode kehidupan dan persahabatan yang mengharukan...
    Huhuhuhu, kangen euy tulisan Kang Indra yang menyentuh hati spt ini... sering2 nulis begini lagi dong Kang :-)

    Barakallah juga utk Kang Dodo nya, mudahan samara, amin :-)

    ReplyDelete
  20. Amin ! mudah-mudahan cepet nyusul ya...atau udah ? :)

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah...doain terus ya and we'll do the same thing buat mba Titin dan suami :)

    ReplyDelete
  22. Hehehe iya mba pengen juga kok nulis yang seperti ini cuma ya ini tergantung momennya juga kali ya :). Mba Fatimah apakabar ? semoga sehat selalu ya :)

    ReplyDelete
  23. haiah! anakku dah ampir 2 bulan ini umurnya :P
    kali2 mampirlah ke mp ku hehe...

    ReplyDelete
  24. hmmm, prinsipnya mahar itu menjadi harta istri, karena itu seyogyanya diwujudkan dalam barang yang berharga, kalau diperhatikan urutan dalam hadits itu, maka Rasulullah menanyakannya sampai cincin besi, ketika ini TIDAK ADA, barulah Beliau bertanya tentang hafalan Qur'an yang dipunyai sahabat tersebut.

    wallahu a'lam

    ReplyDelete
  25. Duh, indahnya Ndra, masyaAllah... Persahabatannya, maharnya, kesempatan mengaji dan menterjemahkan berdua, sementara sang bayi mendengarkan...
    *jadi berkaca-kaca... tah, udah netes tuh*

    ReplyDelete
  26. wah wah wah... belon lahir aja udah sempet saritilawah =) semoga tumbuh sholeh juga

    dan selamat buat temennya ya kang

    ReplyDelete
  27. hehehe.... siapa tau jadi batu loncatan menuju MTQ nasional akh, kategori khusus tandem suami-istri. Wiiih... Subhanallah. ;)

    ReplyDelete
  28. Amin amin ! Thanks doanya ya kang Bayu....punten telat replynya :D

    ReplyDelete
  29. Waduh kayanya masih lama nih hehehe....Amin insya Allah. Thanks ya man doanya :)

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillah kedua-duanya saya penuhi

    ReplyDelete