Thursday, July 12, 2007

Ikhtiar yang tertunda

Assalamu'alaikum,

Masih ingat dengan tulisan saya kira-kira 2 bulan yang lalu yang berjudul Sebuah Ikhtiar, The Sequel ? Kalau belum membaca silahkan dibuka linknya. Ikhtiar kedua saya setelah warung kebab untuk mencari maisyah ternyata harus berhenti. Kedai Sotosop 99 yang dibangun oleh Nina mau tidak mau harus berhenti dulu untuk sementara. Dari segi management kantin di gedung Graha Surya Internusa (GSI), Kuningan cukup memuaskan hanya saja sharing profit yang mereka ajukan cukup besar plus target penjualan dan pengeluaran lainnya. Alhamdulillah kontrak yang mereka ajukan di awal pun berjangka waktu pendek yaitu 2 bulan saja. Sehingga kita bisa melihat apakah 2 bulan itu untung atau rugi.

Ternyata setelah kami jalani 2 bulan, ada hal-hal yang tidak terduga oleh kami. Target saya saat itu adalah 2 bulan berjalan itu sudah cukup untuk melatih pegawai untuk bisa memasak persis seperti Nina. Karena memang sebulan pertama jualan itu Nina yang membuat semua menunya. Hampir setiap selesai sholat shubuh kita berdua ke pasar untuk belanja bahan baku masakan. Setelah itu barulah Nina bertempur di dapur dibantu oleh satu orang pegawai dan pembantu rumah. Nah target saya tadi ternyata meleset. Maksud saya adalah jatah Nina untuk memasak semua menu dan mengajarkannya adalah 1 bulan, setelah itu Nina harus banyak istirahat dan lebih konsen ke kehamilannya. Juga karena kehamilannya semakin membesar tentu beban yang diangkat selama Nina berdiri atau jalan pun semakin bertambah.

Setelah berjalan satu bulan kita mencoba untuk lebih melepaskan si pegawai untuk memasak sendiri di dapur rumah. Lalu perlahan-lahan si pegawai pun mulai memasak di dapur kantin untuk menghemat waktu perjalanan. Nah ketika dia mulia memasak di kantin gedung inilah yang tidak terawasi sehingga rasa masakan-masakan kami banyak mengalami perubahan drastis. Bahkan dari manager kantinnya saya mendengar cerita bahwa ada orang yang membeli soto betawi kami dan setelah dicoba sekali suap langsung ngga dimakan lagi lalu bilang ke managernya, "Mba saya ngga jadi deh makan soto betawinya, ngga ada rasanya !" hehehe. Managernya pun mengadu ke saya dan dia pun langsung mengerti pasti yang masak bukan istri saya lagi. Karena di awal kami buka, penjualan alhamdulillah cukup besar. Minggu-minggu pertama saja perharinya penjualan mencapai 350rb, dimana kantin counter lain butuh waktu lebih dari itu.

Entah kenapa ketika sang manager mengadukan hal itu ke kita, saya jadi semakin optimis bahwa sebenarnya masakan buatan Nina memang enak sehingga ketika bukan Nina lagi yang memasak, orang langsung mengetahuinya. Beda tangan beda rasa, inilah jargon yang biasa dilontarkan teman-teman sesama pengusaha makanan. Awalnya saya ngga terlalu menggubris jargon itu, tapi kalau sudah begini saya mau ngomong apalagi ? hehehe. Nina sendiri yang dulu kuliah di unpad jurusan administrasi bisnis, masih punya niat kuat setelah melahirkan untuk nantinya berbisnis di bidang makanan. Teorinya mungkin sudah Nina dapat di kuliah, jadi tinggal prakteknya :).

Akhirnya saya putuskan kontrak dua bulan di GSI harus berakhir karena saya ngga mau memaksakan Nina untuk memasak ditambah sharing profit yang terlalu tinggi. Tapi biar bagaimanapun ini bisa menjadi pengalaman berharga dalam berwirausaha dan menjadi seorang enterpreneur. Mohon doanya ya agar usaha kami kedepan lebih maju dan lancar :).

Wassalamu'alaikum

25 comments:

  1. Doa dikirimkan dari sini dan tetap... SEMANGAT!!! ^_^

    ReplyDelete
  2. insyaAllah nanti ada kesempatan lagi *di doain deh :)*
    sementara ini semoga Teh Nina bisa lebih banyak istirahat,
    dan dede bayi dalam kandungan sehat wal afiat!

    ReplyDelete
  3. Sip maju terus! Kami doakan semoga lancar!

    ReplyDelete
  4. nunggu sequel berikutnya.. :)

    tetep semangat akh..

    ReplyDelete
  5. Setiap sesuatu ada masanya, kata Aa Gym. Yang penting skarang fokus ke ibu dan anak. Good luck nggih....semoga barokah, amiin.

    ReplyDelete
  6. Pintu rizki sudah diatur, semoga pintu rizki lainnya terbuka. Asal mau terus berusaha... :)

    ReplyDelete
  7. Terima kasih semua atas supportnya ya, insya Allah setelah melahirkan dan kondisi Nina udah fit, dia masih punya niat untuk usaha makanan lagi :)

    ReplyDelete
  8. Saya termasuk yg suka soto Betawi loh... jadi ingat JurangMangu... hehehe. Iya kita sama2 saling mendoakan. Kami sendiri sih pingin punya toko cake and bakery sendiri. Alhamdulillah Saya dan istri sinergi...sama2 suka bisa dan suka masak. Moga saja ini bisa menajdi pintu rejeki kami yang lain. Karena dengan usaha ini lancar maka saya akan semakin istiqomah di kerjaan saya yg sekarang.

    ReplyDelete
  9. wah... kedai kebab yg enak itu ga lanjut ya akh? padahal ana langsung doyan looh... tetap smangat akh, setelah istri melahirkan insya Allah pintu rejekinya terbuka satu lagi, kami ikut doakan ya. ;)

    (jadi pengen wirausaha lg deh....;P)

    ReplyDelete
  10. oooohh kalo kedai kebab sih alhamdulillah masih lanjut hehehe jadi kapan nih ? :p

    ReplyDelete
  11. ia,, insyallah,,pasti ada.oya selamat ya abi indra,,, atas kelahiran putrinya,,,,dengan selamat dan sehat. insyallah akan jenguk

    ReplyDelete
  12. kedai kebab klo belom studi banding ke mesir..
    kurang rasanya.. ! :p

    ReplyDelete
  13. Gimana kalo kebab mesir yang dibawa kesini kang ? hehehe hayoo dapet amanah oleh-oleh dari kita

    ReplyDelete
  14. belum pernah nyobain kebab .. >_<

    *pengumuman

    ReplyDelete
  15. maju teruus pantang munduuuurr !!!...wa la tay atsu ...^_^

    orang berhasil = setelah 10 kali gagal, biasanya abis itu pasti berhasil
    orang gagal = setelah 10 berhasil, biasanya abis itu pasti gagal, katanya he he..

    tapii..klu bisa sih gak usah nunggu ampe sgtu banyak akh he he..salam buwat istri, cayyo !!...^_^

    ReplyDelete
  16. Insha Allah ini sih hanya sukses yang tertunda....Pantang mundur yaa Akh. Indra...salam untuk Ukht. Nina dan si ade bayi.

    ReplyDelete
  17. Maju terus akhi... (ane yakin antum bakal jadi pebisnis yang hebat, ya... kayak abu Bakar AshShidiq lah...)

    ReplyDelete
  18. Wah terima kasih filosofinya, bagus euy.... :)

    ReplyDelete
  19. Amin amiinn....syukron ya mba, salam untuk keluarga disana :)

    ReplyDelete
  20. Amin ya Allah !....syukron doanya akh...btw kemana aja nih ngga pernah keliatan ? :)

    ReplyDelete
  21. Next must be better! Teuteup SEMANGAT ajah. Kalo qta optimis mah Allah akan selalu kasih jalan. Salam ta'aruf juga dech buat yayank'e Pak Indra (Mbak Nina za ... ;)

    ReplyDelete