Monday, April 23, 2007

Indahnya hidup berpasangan


Assalamu'alaikum,


Alhamdulillah, tanggal 23 Maret kemarin umur
saya bertambah (atau berkurang ?). Sekarang semuanya berjalan biasa
saja, tidak ada yang istimewa. Kalau dulu biasanya memang ada sedikit
perayaan kecil, misalnya traktir keluarga makan diluar. Tapi kali ini
tidak, selain karena saudara yang lain sibuk sendiri, juga karena
semakin bertambahnya keluarga jadi rasanya sedikit berat juga :p.

Tahun ini adalah yang pertama kalinya umur saya bertambah (berkurang ?) dengan didampingi teman sejati.
Saya masih ingat tahun kemarin ulang tahun saya, saya keliling Jakarta
dengan teman-teman rismata sambil bagi-bagi nasi kotak. Kali ini cukup
diam dirumah dengan Nina. Tanggal 23 Malamnya ketika saya hendak
berangkat ke peraduan alias tidur, saya melihat mata Nina sedikit
menerawang, seperti ada sesuatu yang dia pikirkan. Lama saya perhatikan
sampai akhirnya Nina sadar bahwa saya sedang memperhatikan dia.

"Lagi mikirin apa Nin ?"

Nina
tak menjawab pertanyaan saya dan hanya tersenyum. Tak berapa lama
kemudian mata Nina mulai berkaca-kaca dan bulir-bulir airmata yang
jernih pun mulai mengalir turun dari mata ke pipi. Saya cukup tersentak
melihat Nina yang tiba-tiba menangis.

"Nina, kamu kenapa ?! Indra punya salah sama kamu yah ?". Nina menggelengkan kepala.

"Yakin ?" tanya saya coba mendapatkan jawaban yang pasti.

Nina menjawab, "Ngga kok, ngga ada yang salah sama a'indra, justru Nina yang ada salah sama a'indra". Saya
makin bingung dibuatnya karena saya tak sedikitpun merasa bahwa Nina
punya salah dengan saya. Nina pun melanjutkan kalimatnya,

"Aindra, maaf ya....dihari ulang tahun aindra yang ke 26 ini Nina ngga bisa ngasih kado apa-apa....."

Saya
tersenyum sekaligus takjub mendengar Nina bicara seperti itu.
Sepertinya Nina tidak menyadari bahwa sebenarnya dialah hadiah ulang
tahun yang teristimewa yang pernah ada dalam hidup saya. Kehadirannya
semakin meneguhkan iman saya dan semakin yakin Allah Maha Adil.
Keberadaannya mampu menyeimbangkan ritme kehidupan saya.
Kesedehanaannya mengalahkan segala pesona dan kesabarannya mampu
melunakkan hati yang keras. Tutur katanya yang selalu lemah lembut dan
tak mampu berkata keras selalu berhasil membuat suasana hati menjadi
tenang dan tentram.


Selaras dengan apa yang ada di Al Qur'an, Dan
di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu
isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang
[QS 30:21]. Apa yang saya tulis ini tidaklah berlebihan bagi saya.


Kejadian diatas membuat saya
berpikir, Subhanallah, betapa Allah Maha Sayang terhadap
hamba-hamba-Nya walaupun masih banyak yang ingkar dan kufur akan
nikmatNya. Allah menciptakan semuanya berpasangan, Allah berfirman :

Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui [QS 36:36]

Manusia
pun diciptakan oleh Allah berpasang-pasangan agar segala kesulitan,
kemudahan dan kebahagian hidup ini dapat dijalani bersama. Agar
masing-masing berlomba-lomba dalam kebaikan (Fastabiqul khairat)
dan saling mengingatkan dalam kealpaan. Pernahkah terbayang di benak
kita bahwa kita akan hidup sendiri selamanya tanpa pernah sekalipun
merasakan indahnya hidup berpasangan. Rasanya sulit bagi manusia normal
untuk menolak salah satu bentuk kenikmatan yang diberikan oleh Allah,
yaitu hidup berpasangan.

dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita. [QS 53:45]

Akhirnya Allah pun menegaskan tujuan dari berpasangan,

Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.[QS 51:49]

Inilah
salah satu keindahan dari hidup berpasangan, agar kita selalu dapat
mengingat kebesaran Allah dan mensyukuri nikmat-Nya....

Fabiayyi alaa i Robbikumaa Tukaddzibaan....

Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?......



Ya Zawjati...
Having Allah as my God,
Prophet Muhammad as my leader
and you as my wife
is the best gift in my whole life.
Alhamdulillahi Robbil 'alamin
....



Wassalamu'alaikum




38 comments:

  1. hmm barakallah punya hadiah secantik mba nina

    ReplyDelete
  2. met milad ya bang...
    maaf telat banget..

    ReplyDelete
  3. Sebuah nikmat yang patut disyukuri ya mas......selamat...

    ReplyDelete
  4. Semoga rukun selalu ya bang Yogi sampe maut memisahkan,
    dan insya Allah (semoga) dipertemukan kembali di SurgaNya kelak, aamiin.

    ReplyDelete
  5. Indahnya hidup berpasangan...:">

    ReplyDelete
  6. baraakalloh.. giftnya bener2 nikmat yg paling indah .

    ReplyDelete
  7. Wah, klo aku tuh ulang tahun ke-26 tidak berada di sisi istri, tapi sedang berada di puncak gunung Sindoro, untung masih ada sinyal HP untuk ngontak istri :-)

    ReplyDelete
  8. emang lucu jg ya kalo istri ngomong gitu, soalnya cowo biasanya gak peduli-peduli amat sama ultah (at least dalam kasus saya)... nevertheless, terharu jg kalo istri mikirin ultah kita hehehe...

    ReplyDelete
  9. Senang baca tulisan Indra diatas.. :)

    Barakalahufikuma... Untuk Indra dan Nina

    ReplyDelete
  10. Selamat Milad Kang :)
    Barakallah...
    Smoga sisa usianya selalu diberkahi Allah SWT
    Semakin Taqwa, menjadi Mujahid di jalan Allah
    Smoga semua cita2nya diberi jalan terbaik olehNya
    Amien...

    Wassalam,
    =iwan95=

    NB: ada syukurannya ga nih Kang? *ngarep ;P*

    ReplyDelete
  11. Duh, indahnya akhlaq Nina, sehingga Indra sebagai suami pun merasakan nikmat sakinah mawaddah wa rahmah, subhanallah...

    Happy milad brother :-) dan salam sayangku utk Nina :-)

    ReplyDelete
  12. afwan telat nich...selamat ulang tahun yang ke .. hmm 26 dan bilang nina.. dia bakal beri hadiah yang paling berharga itu.. amanah dari Allah yang harus dilaksanakan.. ya udah, bilang sama nina udah sedih sedihlah.. hehee.. harus senyummmmm. ucapan buat kamu...hmm selamat hari lahir ke 26 semoga di panjangkan umur, dimurah rezeki dan dilindungi juga diberkati Allah buat kamu sekeluarga dunia dan akhirat.. alfatehah amin amin amin ya rabbal alamin. selamat ya !! titip salam sama nina ya...:~))

    ReplyDelete
  13. Sangat-sangat patut pak Anwar...ngga mau jadi hamba yg kufur nikmat :)

    ReplyDelete
  14. Yap ini bener banget mal....and it's happen to me too....terharu

    ReplyDelete
  15. Iya Aria ulang taunnya tanggal 23 April....hehe beda sebulan dan beda tahun kelahiran

    ReplyDelete
  16. Terima kasih atas doanya ya mba.... :)

    ReplyDelete
  17. Amin amiin ya Robbal 'alamin....syukron doanya mas Iwan

    ReplyDelete
  18. Iya mba....malah kadang-kadang saya minder sama Nina....mohon doanya ya supaya kita tetep langgeng :)

    ReplyDelete
  19. wah mas indra, isteri saya sempet ngasih sebotol parfum saat ultah kemaren, diselingi selembar nasehat..."barang siapa yang menghendaki perjumpaan dengan Rabbnya....".
    Padahal saya sendiri gak pernah mengkhususkan diri ngasih pada saat ultah...surprise aja kali

    ReplyDelete
  20. Mas Indra, barakallah. Semoga berkah. Amin.

    ReplyDelete
  21. Amin ! syukron ya akhi atas doanya...kapan-kapan kalau ada waktu kita silaturahim ya :)

    ReplyDelete
  22. Saya juga sama sih....tapi kadang suka ngga tega juga yah kalo ngga ngasih hehehe paling kalo saya ngasih kado ngga dikhususkan pas hari-hari tertentu....jadi kapan saja bisa :)

    ReplyDelete
  23. maaf Mas, aku telat kasih ucapan selamat. ga pa pa kan? selamat ya, di usia ini Mas Yogi udah punya pasangan. semoga dengan pasangan, hidupnya semakin berkah.

    ReplyDelete
  24. Syukron doanya ya Zuh, mudah-mudahan cepet diberi pendamping juga :D

    ReplyDelete
  25. met milad yak.. (hehe telat..) keep istiqomah!!

    ReplyDelete
  26. walaupun dah lewat beberapa bulan yg lalu citra tetep mo ngucapin slemat ulang tahun semgoa panjang umur dan apa yg diinginkan oleh mas tercapai aminnn

    enak baca tulisan mas jd tambah 1 pelajaran lgi. makasi

    ReplyDelete
  27. Saya juga menulis ini dengan tinta air mata :D

    ReplyDelete