Friday, February 2, 2007

Sorotan Total Ulama Salaf

Rating:★★★★★
Category:Books
Genre: Reference
Author:Abdul Aziz bin Muhammad as-Sadhan

Judul buku: Sorotan Total Ulama Salaf
Penulis: Abdul Aziz bin Muhammad as-Sadhan
Penerjemah: Ibnu Ali
Penerbit: Pustaka as-Sunnah
Cetakan: I, Juli 2005



Memilih Rujukan yang Benar


Islam sangat kaya dengan khazanah berupa sejarah, kitab-kitab dan orang-orang besar. Semua itu merupakan harta kekayaan terbesar kaum Muslimin, sebab di dalamnya terkandung mozaik keilmuan yang sangat kaya.


Sayangnya, banyak kerancuan, kontradiksi dan pertentangan yang menyelimuti khazanah Islam tersebut. Akibatnya, tak jarang muncul pertanyaan di benak kaum Muslimin, misalnya, apakah setiap sejarah yang populer saat ini dapat diyakini kebenarannya? Lalu, bagaimana dengan kitab orang-orang besar yang populer saat ini, apakah sudah tidak ada lagi kontradiksi dan semuanya dapat dijadikan teladan?


Penulis buku ini, yang merupakan seorang ulama salaf,mencoba mengkritisi khazanah Islam tersebut. Melalui hasil penelitiannya yang mendalam, ia melakukan koreksi terhadap hadits-hadits, filosof, sastrawan, kisah, dan kitab-kitab populer.


Termasuk ke dalam kitab-kitab yang ditelaah itu adalah Nahju al-Balaghah, al-Kabair, Musnad al-Imam Abu Hanifah, Al-Majmu', dan Ihya 'Ulum ad-Din. Seluruhnya mencakup 43 kitab terkenal.


Kisah-kisah yang disoroti oleh penulis antara lain perintah Nabi untuk menghilangkan gambar yang ada di dalam Kabah, kecuali gambar Maryam, Thariq bin Ziyad membakar perahu-perahu, penemuan Tanjung Harapan oleh Vasco da Gama, Ali bersedekah dengan cincinnya dalam keadaan shalat, dan masuk Islamnya 20.000 Yahudi, Nasrani, dan Majusi pada hari meninggalnya Imam Ahmad. Hal lain, misalnya sebab kelunya lidah Nabi Musa as, Hawa bersama setan, dan pernyataan Islamnya Abu Thalib.


Adapun tokoh-tokoh yang disorot oleh penulis antara lain Ibnu Sina, Thaha Husain, Najib Mahfuzh, dan Ar-Razi. Sedangkan hadis-hadis yang disorot antara lain hadis tentang kebersihan sebagian dari iman, tuntutlah ilmu walau ke negeri Cina, perselisihan umat adalah rahmat, dan doa sebagai senjata Mukmin.


Melalui bukunya ini, penulis mengingatkan kaum Muslimin agar selektif dalam memilih sumber rujukan. Seperti diketahui, berbagai khazanah Islam di atas selama ini merupakan sumber rujukan kaum Muslimin dalam menyikapi berbagai hal yang menyangkut kehidupan pribadi, masyarakat, bangsa, negara, maupun agamanya.


Buku ini memudahkan kaum Muslimin untuk memilih rujukan yang benar. Karena itu, buku ini patut dibaca oleh kaum Muslimin, terutama para santri, mahasiswa, guru mengaji, da'i, dan intelektual Muslim lainnya.


 


13 comments:

  1. wah ini buku yg bagus nih, kira2 brapa halaman yah? sayang saya gak di indo... :(

    ReplyDelete
  2. Ada 220 halaman....mas Riki ada di Jeman ya ? hhhmm nitip ke saudara mungkin ? :)

    ReplyDelete
  3. ini mesti ke senen ato di sembarang tokbuk ada?

    ReplyDelete
  4. Ada buku terkait yang lebih lengkap yakni Kutub Hadzdzara minha al-'Ulamaa susunan Syaikh Masyhur bin Hasan Alu Salman. Jilid I sudah diterjemahkan tapi saya lupa judul terjemahannya; kira-kira "Buku-buku yang Diperingatkan oleh Ulama".

    ReplyDelete
  5. Saya beli ini di Walisongo, Kwitang. Tapi pernah liat juga di Gunung Agung, kalau Gramedia ngga tahu juga ya

    ReplyDelete
  6. Rasanya pernah lihat buku ini di Walisongo juga....terbitan mana ya ?

    ReplyDelete
  7. Kalau tidak salah terbitan Darul Qalam; bukunya lumayan tebal.

    ReplyDelete
  8. Indra, ini buku bagus banget. Highly recommended. Coba mampir and listen to Radio Dakwah Sunnah 76.5 AM Rodja Radio

    ReplyDelete
  9. Sudah baca juga ya mba ? Yap buku ini bisa jadi panduan singkat dalam memilih bacaan/menelaah kisah-kisah para sahabat. Sayangnya bukunya agak sedikit tipis jadi infonya pun kurang lengkap dan banyak.

    Syukron infonya ya mba, insya Allah saya suka tune in di Rodja juga :)

    ReplyDelete
  10. harganya???? lg nyari info ibn sina soalnya

    ReplyDelete