Monday, June 19, 2006

Sebuah ikhtiar


Assalamu'alaikum

Kayfa haluk
akhi wa ukhti ? semoga selalu dalam keadaan sehat dan dilindungi oleh
Allah Sang Pemberi nikmat. Amin. Lama ngga terdengar kabarnya ya. Tapi
sepertinya memang saya saja yang sedikit sok sibuk :). Saya hanya mau
bercerita sedikit disini, semoga ada ibrah yang bisa diambil dari
tulisan ini.

Tanggal 18 September tahun 2004, seorang teman dari sd,
pernah menuliskan testimonialnya di account friendster saya. Isinya
singkat saja, tapi cukup menarik bagi saya. Begini isinya : "lelaki
yg tidak bisa diam..namun baikhati..weheeeee..kenalnya dah dr sd..dr
dulu ampe skrg tetep keukeuh berwirausaha..way to go indra!!".
Entah kenapa ketika saya menerima testimonial itu dari dia, saya malah berpikir apa iya saya segitu keukeuhnya berwirausaha ?. Tapi faktanya setelah berpikir lagi ke belakang kok ternyata memang begitu ya?.

Pertama
kali saya bekerja yaitu di sebuah event organizer (e.o) di daerah Radio
Dalam. Ketika itu saya bisa masuk kesana adalah karena saya sering
membantu salah satu acara mereka, sehingga hubungan saya dengan e.o itu
semakin dekat dan akhirnya saya bekerja disana selama 2 tahun. Padahal
awalnya dulu sebelum bekerja dimana-mana, saya punya cita-cita ingin
sekali punya usaha sendiri, biarpun kecil tapi yang penting punya
sendiri. Tapi seiring berjalannya waktu, saya pun harus mengubur impian
saya itu dan bersikap lebih realistis bahwa untuk mencapai itu semua
memang harus bekerja dengan orang lain terlebih dahulu. Istilahnya
ngumpulin modal.

Setelah
2 tahun bekerja di e.o itu, impian "nakal" itu pun kembali lagi.
Setelah modal didapat, relasi bisnis "dijerat" dan ilmu diikat, saya
memutuskan membuka usaha sendiri di bidang yang sama. Berdirilah
perusahaan e.o kecil-kecilan dengan bendera Escalate Production bersama
5 orang teman saya. Terdengar asing, tapi memang saat itu e.o saya
lebih banyak bergerak di luar kota. Selain di Jakarta, Bandung, Batam,
saya pernah juga tugas di Balikpapan, saat itu saya bahkan sempat
kontak dengan mas Dedy Subandi rekan dari MP juga. Sayang kita belum diizinkan ketemu ya mas :).

Setahun
berjalan dengan bendera Escalate Production, saya semakin merasa ada
yang salah dengan ritme kehidupan saya. Malam menjadi siang, siang
menjadi malam. Keluar masuk club menjadi hal yang biasa. Hari libur
merupakan hari kerja saya yang paling maksimal dan biasanya saya baru
bisa sedikit meluruskan kaki setelah hari Minggu. Jadi kalau orang lain
punya term i don't like Monday, saya malah sebaliknya. Karena itulah hari libur saya.

Setahun
terakhir dengan Escalate Production saya mulai mengurangi orderan
event. Karena entah kenapa, saya mulai bosan, penat dan hampir muak
dengan pekerjaan saya itu. Saat itu saya berpikir, bagaimana nanti
kalau saya punya anak istri ? Saya ngga mau anak istri saya nanti
melihat saya pulang ketika mereka sholat shubuh. It's a shame. Tindakan
saya mengurangi order event ini akhirnya disadari oleh kelima partner
saya. Mereka terus menanyakan kapan ada kerjaan lagi, padahal tawaran
kerjasama alhamdulillah seringkali datang ke saya, cuma sering saya
tolak dengan seribu macam alasan. Akhirnya karena saya merasa dzalim
terhadap kelima partner saya itu, saya putuskan Escalate Production
harus bubar. Padahal saat itu tawaran yang cukup menggiurkan datang
dari salah satu Mall terbesar di Batam untuk menggarap program tahun
baruan di Mall tersebut. Tapi tidak ! saya telah memutuskan bahwa e.o
tidak akan menjadi lahan nafkah untuk saya dan keluarga saya nantinya.
Terlalu banyak yang haram disana dan saya tidak ingin nanti anak istri
saya makan dari hasil itu.

Setelah Escalate bubar, hari-hari
saya menjadi sangat-sangat lapang. Saya banyak menghabiskan waktu
dengan membaca buku, browsing dsb. Saat itu belum terpikir akan kerja
apa saya setelah ini. Alhamdulillah tawaran kerja masih ada beberapa
yang datang ke saya. Biasanya tawaran itu datang dari teman-teman lama
saya jaman sd smp. Tapi satupun tidak ada yang menarik perhatian saya.
Hampir dua tahun sudah saya berleha-leha. Bagi sebagian orang memang
saya ini dianggap "pengacara" alias pengangguran banyak acara. Tapi
tidak juga, justru pada masa-masa kosong itulah pengetahuan saya
tentang Islam semakin bertambah dan saya anggap itu bukanlah bagian
dari berleha-leha dan menganggur. Insya Allah ada hikmah disitu.

Tapi
alhamdulillah, berkat ridha Allah, saat ini saya kembali mempunyai
pekerjaan. Tentunya wirausaha lagi. Berdagang kebab Turki ! ya inilah
yang sekarang saya lakukan. Proses penantian setahun akhirnya terjawab
sudah. Kebab yang saya jual ini menggunakan gerobak ber-roda. Di awal
buka warung kebab ini, setiap hari saya harus bolak-balik mendorong
gerobak dari rumah ke lokasi jualan. Sebuah pekerjaan yang belum pernah
saya lakukan sebelumnya, tapi entahlah, perasaan malu, lelah mendorong
gerobak itu terhapuskan dengan perasaan nyaman dalam berwirausaha yang
kali ini. Insya Allah usaha ini halal dan cukup mudah untuk dikontrol.
Oh ya tapi jujur aja nih, malam pertama mendorong gerobak, besoknya
pundak saya rasanya seperti mau lepas !. Tapi ngga papa deh, kan nanti
kalau sudah menikah jadi ada mijitin heheheh :D.

Entah apalagi
yang akan dikatakan oleh teman sd saya tadi ketika nanti saya
berpromosi ke dia :D. Mungkin ini yang diamanatkan oleh Allah kepada
saya. Saya seringkali memohon agar diberikan jalan untuk mencari nafkah
lewat jalan yang halal sehingga kehalalan itu menyebar ke keluarga saya
nanti dan menjadikan keluarga saya diridhai Allah dalam setiap
langkahnya. Ini juga saya anggap merupakan salah satu ikhtiar saya
untuk mencari ma'isyah untuk persiapan nanti :).

Mungkin inilah
ikhtiarku, ikhtiar yang insya Allah tidak akan berhenti. Masalah
kedepannya akan berhasil atau tidak, itu bukanlah menjadi urusanku lagi
melainkan urusan Allah Sang Maha Kuasa. Mohon doanya ya. Dengan
Bismillahhirrahmannirrahim, ana undang antum sekalian apabila ada waktu
untuk berkunjung ke warung kebab ana dan mencobanya :). Semoga berkenan.



Wassalamu'alaikum








105 comments:

  1. salut baca semangat wirausaha indra, mencari yg halal itu yg terpenting ya nDra ..
    turut mendoakan, semoga hasil ikhtiarnya seperti yg diharapkan, usahanya maju dan berkembang
    insya Allah kalau ada kesempatan ke arah kemanggisan, bakal disempatkan mampir mencicipi kebab turkinya :)

    ReplyDelete
  2. semoga usahanya semakin maju dan tetap dalam ridha Allah SWT. btw, kebab itu seperti apa? *belum nyoba* :D

    ReplyDelete
  3. Amin. Terima kasih banyak ata doanya ya mba, semoga mba sekeluarga juga selalu diberikan rizki oleh Allah dari jalan yang ngga disangka-sangka. Amin ! :)

    ReplyDelete
  4. Amin. Kebab itu makanan khas Turki mas (halah diulang lagi) hehhee...gimana jelasinnya yah :p. Sepertinya yang diperlukan bukan penjelasan tapi percobaan mas :)

    ReplyDelete
  5. makin salut nih ama mas indra , kebetulan juga suka kebab nih saya nanti deh kalau udah beres pindahannya saya main kesana :)

    ReplyDelete
  6. wah harus nih ! pokoknya kita ketemuan ya disana, masa sih udah sekian lama "berjuang" bersama di cyber sampai skrg blm ketemu juga :D

    ReplyDelete
  7. wah salut nih... semoga sukses...

    ReplyDelete
  8. hihihi..kirain ikhtiar ikutin jejak akmal...
    eh tapi bisa juga dianggap demikian ya...
    ditunggu kabar baik berikutnya...

    ReplyDelete
  9. ustadz, bisa ndak tampilin skrinsut menu2nya? ama harganyalah...
    saya kadang diskusi ama fatah di rismata, kalau Allah berkenan, bolehlah nanti sekalian maen ke kebab sang bapak... *semoga berkah!

    ReplyDelete
  10. parah nih mbak ira gak berhenti-berhentinya menjalankan politik devide et impera kekekeke....

    minta kebab! gratis! 10 porsi!!!! :p

    ReplyDelete
  11. mal... pesen aja buat ntar walimahan...hehehehe
    biar yg dagang ikut ketularan...:P

    ReplyDelete
  12. iya ya bener juga... lucu jg ada kebab pas resepsi... kekekeke :D

    ReplyDelete
  13. Sudah ada sertifikat halal belum nih dari MUI? Hahahaha...
    Wah jadi ngiler nih! Price list dong!

    Semoga Berkah dan Barokah!

    ReplyDelete
  14. Indra..... tolong ya, 10% dari keuntungan pesenan buat walimahan Akmal...:p

    ReplyDelete
  15. haahhh ??!! 10% ? Akmal ? siapa yaa ?


    ihihihi

    ReplyDelete
  16. menunya baru dua kok itu pun hanya kebab besar dan kecil. Yang besar 8000 dan 6000 yang kecil. Insya Allah kedepannya ada variasi kebab lainnya :D. Syukron buat doanya ya

    ReplyDelete
  17. aduh mba Ira paling pinter deh nyari celah dagang ! hahaha iya nih mal perlu juga dipikirkan ihihihi ya paling ngga buat keluarga besar kedua belah pihak juga oke kok :p

    ReplyDelete
  18. hahaha bisa aja ah, blom ada sih tapi yang beli bahan-bahannya kan saya jadi insya Allah halal bo' ! ngiler ? yyuukkss cobain mas :D

    ReplyDelete
  19. insya Allah...klo ke Jakarta....sukses ya!

    ReplyDelete
  20. Akmal kali yang ngikutin jejak saya....btw ikhtiar yg mana dulu ? kekekee

    ReplyDelete
  21. just curious, kok kepikiran dengan Kebab sih?
    ga nyoba sawarma sekalian :)
    Rie-

    ReplyDelete
  22. kekeke ya udah siapin ya buat 3 Desember (waaaaaa rahasia bocor sudah) :p

    ReplyDelete
  23. Selamat Menjalankan usaha barunya Dra... Semoga sukses dan diberkahi Allah..
    Hmm...., jd pingin nyoba kebabnya Indra nih.. :D

    ReplyDelete
  24. Subhanallahu, salut untuk akh indra, semoga sukses dan barakah dan ikhtiar yang lainnya insya Allah tercapai. btw lokasi nya dimana akh ?

    ReplyDelete
  25. dilapangankan rezeki nya mas.. apalagi nanti abis marid, mestinya akan lebih lapang lagi.. chayooo, ganbatte

    ReplyDelete
  26. wahhh... aku suka kebab!
    ntar kapan2 kalo pas ke jakarta semoga bisa mampir dan nyicipin kebabnya deh ^_^

    ReplyDelete
  27. ooo... jadi Akmal nikahannya tgl 3 Desember ya *angguk-angguk pala* :))

    ReplyDelete
  28. Mas Indra makasih dah berbagi cerita..
    Kalo disini usaha kebab gk ada matinya mas, selaluuuu laris manis, dan pada antri...
    Makanya saya optimis mas dengan usaha mas Indra, palagi di negeri kita khan mayoritas muslim, tentunya kita haus juga makanan yg halal..InsyaAllah..
    Semoga lancar dan berkembang, Amiennn...

    ReplyDelete
  29. terus terang gak pernah makan kebab :)

    semoga sukses mendulang rejeki dan ridho Allah....

    ReplyDelete
  30. kebabnya daging kambing semua ya? :) Oke Akhi... biar cape jualan jangan lupa tetep nulis di MP ... tulisan antum tuh OK Mungkin nanti bisa jualan buku di tempat kebab itu...

    ReplyDelete
  31. ugh ugh....he he heee...ada doner teller ngga ndra? my fav. menu kalo ke imbis kebab turki di sini...pesen aku yah ndra:D

    ReplyDelete
  32. waduh..... nanti pulang ke indonesia mampir aahhhh.... :)
    ke indonesia malah ketemu kebab juga... :D
    moga sukses....Insya Allah!!!!

    ReplyDelete
  33. Ayoo kesini Gung, disini hampir setiap perempatan ada lhoo..ntar ku traktir deeh :)
    Oh ya disamping rumahku juga ada nih kebab..;)

    ReplyDelete
  34. Kepikiran dengan kebab soalnya pas aku survey ke daerah sekitar rumah, makanan yang paling jarang ditemuin itu kebab. Selain dari kebab udah banyak banget, jadi peluang kebab ini insya Allah masih luas didaerahku. Sawarma ? hehe belum banyak yang tau mba disini, kebab aja masih suka banyak yang tanya-tanya kok :D

    ReplyDelete
  35. enaknya yang udah ada tanggal....[hiks] :p

    ReplyDelete
  36. Amiiin ! terima kasih atas doanya mba, mudah-mudahan dibalas dengan yang lebih baik oleh Allah. Yuks kapan-kapan nyobain :)

    ReplyDelete
  37. Syukron atas doanya akhi, semoga dibalas dengan yang lebih baik. Lokasi di wilayah Jakarta Barat akhi, di Kemanggisan. Alamat tepatnya ada di foto yang ana pasang :)

    ReplyDelete
  38. Amin ya Allah ! mudah-mudahan mas juga gitu ya.

    ReplyDelete
  39. Makasih juga atas supportnya mba sikrit, mudah-mudahan ada manfaat yang bisa diambil dari tulisanku ini.

    ReplyDelete
  40. Kebabnya pakai daging sapi akhi. Insya Allah akan tetap menulis akh, tapi kalau sampai bikin buku ? aduh antum suka berlebihan deh hehe ana belum segitunya kok akhi :D. Syukron atas supportnya

    ReplyDelete
  41. wah mestinya aku yang pesen minta bawain dari sana hehehe. Bilang-bilang ya mas kalo mau ke Jakarta, kita ketemuan lagi nanti sama yang lain kaya dulu lagi...tentunya kali ini plus kebab party ! halaaa.......

    ReplyDelete
  42. pokoknya ditunggu kabarnya kalo udah di Jakarta yah :D

    ReplyDelete
  43. Siip deh mas, ada dunk..Paling gk saya jadi lebih tau lagi nih sosoknya mas Indra..*tambah kagum*
    Semoga banyak lagi pemuda2 sprt mas Indra.."berani/tidak malu untuk menjalankan kemandiriannya, yg penting halal,"
    Bapakku juga dulu pedagang kecil lho mas..tapi bisa membiayai kesepuluh anaknya..tetap semangat y mas...

    ReplyDelete
  44. dari liat pic ini di fs sebenernya udah gatel mo minta kebab-nya, tapi masih ngga PD hahahaha, kirain punyanye sape geto, kalo dah tau gini mah, minta doooooong...!!! ntar saya kirim ade saya ke sono yaaaaa....harga temen kan..? kan...? kan...? hehehehhe....semoga usahanya penuh berkah ya akhi...

    ReplyDelete
  45. eh ancer2nya dong kalo dari kota ke sono gimandang...dari jem 5 sore kan ya buka-nya M-S...?

    ReplyDelete
  46. Selamat ya atas usahanya! Mudah2an sukses selalu dan diberkahi Allah SWT. Amin!

    ReplyDelete
  47. emang juga dikau yang emberrrr...bocorin sendiri...! eh kayaknya ane tau deh calonnya...kkekekkekekkekkk...perlu disebut gak mal..??

    ReplyDelete
  48. emang juga dikau yang emberrrr...bocorin sendiri...! eh kayaknya ane tau deh calonnya...kkekekkekekkekkk...perlu disebut gak mal..??

    ReplyDelete
  49. jadi kapan...??? kapan berani nyebut tanggal kayak akmal...:p

    ReplyDelete
  50. yaelah kalo blum tau juga wujud calon istriku berarti kagak rajin buka2 album fotoku hahahaha :D

    ReplyDelete
  51. Bisa banget deh ngirimin ade nya :p. Iya harga temen kok, pokoknya mba Endang kalo pulang mampir-mampir yah. Ancer-ancernya ? pokoknya patokan utama itu gedung Slipi Jaya Plaza dulu deh, dari situ udah deket kok tinggal telpon aye. Bukanya ba'da maghrib sampai jam 11an

    ReplyDelete
  52. ooo...di sini Mal? 3 Desember Mal?:D

    nyasar...ngubek2...mancing deui di MP Indra he he hee

    HARI H....HARI H...:D

    ReplyDelete
  53. parah dah baru nemu sekarang... hahahaha padahal ente dah masuk jurnal ini dari kapan2... :D

    ReplyDelete
  54. he he heee...ya kan ane pikir pengumumannya di pengadilan keluarga...bukan sambil maem kebab...

    jadi lapeeer
    btw selamet lg yah Mal...:D

    ReplyDelete
  55. kalo laper dateng donk ntar tgl 3 Desember... gw traktir sepuasnya deh!!!! tapi di bogor... :D

    ReplyDelete
  56. wah..kapan2 kalo ada waktu mampir ke kebabnya deh...

    ReplyDelete
  57. aku kirim doa ku dulu ajah yah Mal...kadonya nyusul awal maret tahun depan:D
    makasih tawaran traktirannya:)
    ntar ngumpul lagi yak pengajian di tempat Indra...nambah donk dua anggota nanti he he heee
    istrinya akmal dan istrinya indra:)

    ReplyDelete
  58. Amin !!!! aduhh merinding baca yang bagian ini...who is she yah kira-kira? :D

    ReplyDelete
  59. kebab??..ada fotonya g mas.....boleh juga tuh untuk dicoba...yah insyaAllah ada jalan yang terbaik untuk mas indra..siapa tahu nanti malah jadi punya franchise dimana2 loh....aamiin...

    ReplyDelete
  60. usul mas!
    gimana kalo kebabnya ada yang pake daging sapi? secara ga semua orang suka daging kambing (*salah satunya saya heheheh)

    ReplyDelete
  61. gimana kalo bikin kebab vegetarian? biar sehat kekeke :D

    ReplyDelete
  62. gmn juga klo kebabnya ngga hanya dr daging, tapi fillet ikan...trus sayurannya dibanyakin...lha emang salad???:)

    ReplyDelete
  63. kebab udang!!!! kebab cumi!!!! kebab....lasan!!! :D

    ReplyDelete
  64. mas indra coba tolong diperhatikan ini aspirasi pengunjung yang bawel2 ini. padahal si aku ga ngaruh juga karena warung kebabnya mas indra ini sepertinya berjarak setengah hari perjalanan atau sejam naik kereta dari rumah...
    tapi serius soal daging sapi nya loh...
    atau kebab salad kedengerannya oke juga
    (*menjelang makan siang beginilah...)

    ReplyDelete
  65. lho ? emang kebab saya ini pake daging sapi loh hehehe....jadi gimana ? cucok ?

    ReplyDelete
  66. fotonya ? nanti ya mas difotoin dulu, soalnya bingung make upnya :p....mas Dedy mau buka franchisenya di Balikpapan ? boleh lho :)

    ReplyDelete
  67. bole banget ! tapi masih dalam tahap percobaan semuanya :D

    ReplyDelete
  68. iya mba pasti diperhatikan uheuheuhe sebatas merhatiin aja ngga susah kok hehehe ngga deng ! pokoknya semua menjadi masukan yang sangat berharga. Kalo ada resep-resep atau ide-ide yang berhubungan dengan kebab, kabar-kabari and cek &ricek lagi ya :D

    ReplyDelete
  69. oh gitu...salah dong ya...(*ups, sori :D)

    ReplyDelete
  70. Akhi, barakallahu fiikum! Kapan-kapan ana mau mampir ah kalau pas lagi di Jakarta. Susah gak nyarinya?

    ReplyDelete
  71. Insya Allah ngga susah akhi, nanti kalau petanya udah jadi ana posting disini :D

    ReplyDelete
  72. Wah... sang entrepeneur nih mas Indra.. selamat yah atas dibukanya Kebab Turki nya..
    btw saya punya teman di sby yang dulu kuliah di tempat saya kerja di surabaya,. dia juga buka warung kebab turki.. apa sama dengan itu.. nama pemiliknya Hendi.. dia masih muda juga loh. tp jiwa bisnisnya sgt besar..
    ohya, lokasi kebab turki mas Indra di jkt mana ? dpt diskon gak kalo kesitu.. ato malah dapet gratisan ? hehhehehe :p

    ReplyDelete
  73. Ditunggu kunjungannya ya mba dengan suami tercinta hehe :)

    ReplyDelete
  74. lah, di balikpapan kan ada pujay juga..

    tul ngga jay?

    ReplyDelete
  75. kebab ama acara mantenan ya...
    asyik...asyik... dua2nya saya suka:-))
    mabruk... mabruk...

    ReplyDelete
  76. walah nun jauh disana.. insya Allah disamperin.. tau aja Poe suka kebab hehehe.. (apa yg aku ga suka ye?)
    eeh.. boleh niiy.. klo pesen buat resepsi hehehe..

    ReplyDelete
  77. waaaaaaa, nanti coba ah... mirip gak sama kebab turki yg di DE
    selamat ya utk resto kebabnya
    semoga lancar.. amin

    ReplyDelete
  78. subhanallah...

    tahniah! saya ucapkan akh indra dan teman2, salut!

    di spore, kebab special grill akan dijual bazaar ramadhan buat berbuka.
    memang kesukaan saya daging sapi atau ayam.
    putaran grill kebab daging2 di potong hiris langsung dari situ. di makan bersama roti tortila, sayur salad (lalap) yg agak banyak juga bersama maiyonese.

    ya.. insyaallah kalau saya ke jakarta saya akan ke warung kebabnya. :)

    “Ahli peniagaan yang jujur dan amanah akan di tempatkan berserta dengan para nabi, para saddiqin dan syuhadah."Hadis Rasullulah saw, Riwayat Tirmizi

    selamat berjihad!

    ReplyDelete
  79. makin penasaran nih sama owner-nya Kebab Turki plus kebabnya..
    Insya Alloh aku pengen sempetin mampir ke sana someday...dlm waktu dekat...
    Sukses terus ya Ndra...Semoga makin disayang Alloh...

    ReplyDelete
  80. iya saya juga suka apalagi yang terakhir :D

    ReplyDelete
  81. ditunggu ! hehhe boleh kok kalo mau pesen buat resepsi, kabar-kabari aja ya

    ReplyDelete
  82. bukan resto mba tapi kios kecil kok, tapi thanks atas doanya ya siapa tahu nanti jadi resto beneran :D. Ditunggu kedatangannya :)

    ReplyDelete
  83. Amin. Terima kasih atas doanya ya mba, mudah-mudahan mba sekeluarga juga makin disayang Allah. Ditunggu kedatangannya bersama suami tercinta ya :)

    ReplyDelete
  84. hmm diliat2 peta lokasinya kok gw agak samar2 ngebayanginnya yah...
    anyway...ntar deh ye mampirnya kalo gw balik

    ReplyDelete
  85. enak gak? ntar nyoba klo mampir ke jkt:D

    ReplyDelete
  86. Insya Allah enak lho :) kan nanti bisa ke Jakarta sama si teteh :p

    ReplyDelete
  87. hihihi...kapan yak? paling ntar nyusul aja, berangkat sendiri:P. pan dah nunggu disana tetehnya:D

    ReplyDelete
  88. Salut Akh! Ntar kalau saya kangen makanan Middle East (setelah pulkam nanti), saya mampir ahh...
    Pssst, kami sekeluarga suka banget lho shawarma. Mudah-mudahan nanti udah nambah menunya pake shawarma yah...

    ReplyDelete
  89. indrayogi saidDengan Bismillahhirrahmannirrahim, ana undang antum sekalian apabila ada waktu untuk berkunjung ke warung kebab ana dan mencobanya :). Semoga berkenan

    wah ini undangan resmi ya akh.... ??? dateng aaaah gak di batesin kan makan berapanya ?? hehehehehe

    ReplyDelete
  90. Wah sayang undangannya udah ngga valid lagi akhi ! hihihihiihi *ngeles....pokoknya dateng dulu aja deh, soal itu sih gampang :D

    ReplyDelete
  91. ada rencana buka cabang di bandung nggak? jauh euy kalau kudu ke jakarta :)

    ReplyDelete
  92. kesana yuuukkk..serbuuuuuuuuuuuuu
    ^_^

    ReplyDelete
  93. subhanallah.... baru tahu nih cerita perjalanan usahanya indra :)
    moga sukses...
    btw... kalo dari RS permata hijau, rutenya kemana?

    ReplyDelete