Friday, October 26, 2007

Fenomena 4 Aliran Sesat Di Indonesia, Trans TV 26 Oktober 2007




Tayangan ini menampilkan tentang fenomena 4 aliran sesat yang akhir-akhir ini meresahkan masyarakat. Empat aliran itu adalah Al-Qiyadah Al-Islamiyah, Ahmadiyah, Jamaah Pengajian Al-Haq dan Lia "Eden" Aminuddin (Salamullah). Taken on Trans TV, 26 Oktober 2007.


Al-Qiyadah Al-Islamiyah

Al Qiyadah Al Islamiyah dirikan sejak tahun 2000 dianggap menyimpang karena menganggap Nabi Muhammad SAW bukan sebagai nabi terakhir. Aliran ini juga tak mewajibkan umatnya menjalankan salat lima waktu, berpuasa, maupun ibadah haji lantaran dianggap belum turun perintah Allah untuk menjalankan itu. Mereka juga beranggapan saat ini baru memasuki periode Mekah dengan ajaran pokok menegakan aqidah Islamiyah.

Ahmad Moshaddeq, pemimpin aliran ini yang mengaku sebagai rasul pernah mengatakan "Al-Qiyadah dirikan sejak tahun 2000, sejak tahun 2000-2006, itu situasinya tidak ada masalah. Tapi ketika masuk tahun 23 Juli 2006, terjadi hal yang spektakuler, setelah bertapa selama 40 hari 40 malam mendapat wahyu dari Allah dan diangkat menjadi rasul, dan para sahabatnya membenarkan itu, " ungkapnya. (www.eramuslim.com, www.liputan6.com, www.alqiyadahalislamiyah.com)

Jamaah Pengajian Al-Haq

Untuk mencari pengikut baru jamaah Al-Haq yang diduga telah beroperasi selama 2 tahun ini menggunakan metode multi level marketing. Setiap jemaah diwajibkan mencari pengikut baru yang diwajibkan membayar uang Rp 300 ribu kepada pimpinan jamaah Al-Haq bernama Dewi yang hingga saat ini masih buron. Uang tersebut konon untuk jaminan agar jamaah Al-Haq dapat masuk surga. (http://www.an.tv/)

Ahmadiyah

Gerakan Ahmadiyah didirikan oleh Mirza Ghulam Ahmad di India. Mirza lahir 15 Februari 1835 M. dan meninggal 26 Mei 1906 M di India.  Ahmadiyah masuk ke Indonesia tahun 1935, tapi mereka mengklaim diri telah masuk ke negeri ini sejak tahun 1925. Tahun 2000, mendiang khalifah Ahmadiyah dari London, Tahir Ahmad, bertemu dengan Presiden Abdurahman Wahid. Kini Ahmadiyah mempunyai sekitar 200 cabang, terutama Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Barat, Palembang, Bengkulu, Bali, NTB dan lain-lain.

Basis-basis Ahmadiyah di Kuningan, Jawa Barat dan Lombok telah dihancurkan massa (2002/2003) karena mereka sesumbar dan mengembangkan kesesatannya. Ahmadiyah adalah suatu aliran yang meyakini ada nabi setelah Nabi Muhammad saw, mereka meyakini Mirza Gulam Ahmad sebagai nabi mereka. Selain itu mereka mempunyai kitab suci yang dikenal dengan nama Tadzkirah sebagaimana umat Islam mempunyai Al-Qur`an. (www.perpustakaan-islam.com, www.swaramuslim.net)

Lia "Eden" Aminuddin (Salamullah)

Agama Salamullah adalah agama baru yang menghimpun semua agama, didirikan oleh Lia Aminuddin, di Jakarta. Dia mengaku sebagai Imam Mahdi yang mempercayai reinkarnasi. Lia mengaku sebagai jelmaan roh Maryam, sedang anaknya, Ahmad Mukti yang kini hilang, mengaku sebagai jelmaan roh Nabi Isa as. Dan imam besar agama Salamullah ini Abdul Rahman, seorang mahasiswa alumni UIN Jakarta, yang dipercaya sebagai jelmaan roh Nabi Muhammad saw.

Ajaran Lia Aminuddin yang profesi awalnya perangkai bunga kering ini difatwakan MUI pada 22 Desember 1997 sebagai ajaran yang sesat dan menyesatkan. Pada tahun 2003, Lia Aminuddin mengaku mendapat wahyu berupa pernikahannya dengan pendampingnya yang dia sebut Jibril. Karena itu, Lia Aminuddin diubah namanya menjadi Lia Eden sebagai lambang surga, menurut kitabnya yang berjudul Ruhul Kudus. Pengikutnya makin menyusut, kini tinggal 70-an orang, maka ada “wahyu-wahyu” yang menghibur atas larinya orang dari Lia.(www.swaramuslim.net)


11 comments:

  1. Lha, jadi Qur'an dianggap apa? Ada-ada aja yah... *geleng-geleng kepala*

    ReplyDelete
  2. udah jelas2 sesat ini..dari MUI juga udah ada fatwa,,engga lama lagi juga hancur aliran ini..ormas islam tunggu reaksi dari pemerintah dulu,kalo dari pemerintah engga sanggup or lelet baru di "destroy" sama ormas islam :-)
    Wallahualam..

    ReplyDelete
  3. ada2 saja...
    trimakasih atas sharingnya

    ReplyDelete
  4. mungkin sebentar lagi kiamat kali apa itu orang tidak takut akan azab dari ALLAH

    ReplyDelete
  5. Untuk semua aliran ini intinya adalah "Pengingkaran" atas apa yang telah diturunkan Allah SWT melalui Al Quran dan Rasulullah Muhammad SAW. Motivasinya hanya mencari kemudahan dalam melaksanakan ibadah seperti yang dicontohkan Rasulullah dan diwajibkan dalam Al Quran, namun ada juga yang motivasinya mencari uang dengan menjanjikan Surga sebagai bahan jualannya

    ReplyDelete
  6. lapangan kerja sempit yang sempit ditingkahi kesadaran beragama yang mulai bangkit melahirkan orang2 'kreatif yang sakit'....kenyataan pahiiiit!!!...:((

    ReplyDelete
  7. apa ada hubungan nih dengan islam liberal..?

    ReplyDelete
  8. apa ada hubungan nih dengan islam liberal..?

    ReplyDelete
  9. masya ALLAH...
    semoga dibukakan jalan kebenaran itu

    ReplyDelete
  10. mba azaytun itu memang bnar nyata tapi kita tetap tidak boleh menyalahkan orang lain,,
    karna mnurut pemahaman sya,,setiap manusia punya keyakinan masing2 terhadap ketauhidan..
    jadi mneding ga usahlah mkirin orng lain dalam ketauhidan..
    tpi disini kita jga wajib mngajak untuk mnyadarkan mereka bagi yang mau klo ga mau ya ngapin dibikin puisng../??
    karna semua itu adalah hakekat dari Allah..

    ReplyDelete