Friday, April 28, 2006

Amunisi Untuk Melawan Pemikiran Islam Liberal

Rating:★★★★★
Category:Other
Originaly posted by Akmal


Assalaamu'alaikum wr. wb.

Di bawah ini adalah tulisan-tulisan (dan beberapa berupa rekaman audio atau visual) yang berkisar pada masalah ajaran liberalisme dalam tubuh umat Islam. Artikel-artikel ini bisa dijadikan bahan bagi rekan-rekan semua untuk beradu argumen dengan para pendukung Islam liberal (tentunya dengan cara-cara yang baik). Insya Allah akan selalu di-update. Bagi rekan-rekan yang merasa memiliki artikel di homepage pribadinya yang rasanya bisa bermanfaat untuk menjawab tantangan dari kaum liberalis (sekaligus untuk menyikapi isu-isu yang mereka lemparkan) silakan menginformasikannya langsung kepada saya dengan mengirimkan private message (jangan lewat reply ya, nanti penuh...) lengkap dengan link menuju artikel yang dimaksud, tentu saja.

Akmal

Indra

Mas Jonru

Mbak Ira

Uda Fitr Tanjuang

Situs Syariahonline.com

Daftar Buku

Buku-buku lain yang bermanfaat sebagai referensi untuk mendalami ajaran Islam atau pun yang khusus berbicara seputar masalah liberalisme namun belum pernah diresensi di Multiply juga dapat ditemukan di jurnal ini.

Rekan-rekan juga bisa mendapatkan banyak sekali referensi dari kolom "Catatan Akhir Pekan" yang diasuh oleh Adian Husaini di majalah Hidayatullah. Adian Husaini adalah salah seorang penulis yang sangat produktif dan biasanya mengulas masalah-masalah ghazwul fikri yang berkaitan dengan sekularisme, liberalisme, pluralisme, westernisasi, dan sebagainya.

Kalau ada di antara link-link di atas yang tidak berfungsi atau salah, harap saya diberitahu. Terima kasih atas perhatiannya! :))

Wassalaamu'alaikum wr. wb.


38 comments:

  1. Jazakallaahu khairan ya akhi Indra ... syukron jazilan. Insyaallah manfaat ...
    btw, salam buat ust ismeidas. baru belum lama ini lihat foto beliau di sebuah acara ... tidak terlalu jelas tapi kebayang deh rupa beliau ..
    :-)

    ReplyDelete
  2. haduh pic nya kereeeeenn.. ck ck ck.. quiting liberalism now could greatly reduces serious risk to indonesia's homeland security and everyone else's sanity.. hahahahahaha

    ReplyDelete
  3. Liberal itu membebaskan ya akhi Indra?

    ReplyDelete
  4. Link2 yang sangat bermanfaat. Saya kirim juga deh, tentang poligami. Soalnya masalah poligami paling sering dipakai orientalis n liberalis untuk mendiskreditkan umat Islam n Nabi Muhammad seperti gambar kartun Nabi.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih buat linknya ya...semoga bermanfaat...Amien

    ReplyDelete
  6. curang curang curaaaaang.... itu kan ide sayaaaaah....!!!! :D

    ReplyDelete
  7. waahh.. :) syukron2 ndra.. meni lengkap pisan
    semoga bermanfaat.. :)

    ReplyDelete
  8. oh akhirnya ketemu juga ya dengan beliau walaupun lewat foto. Tapi lebih bagus kalau ketemu lsg nih dgn beliau, dijamin full ketawa :D

    ReplyDelete
  9. kekkekeke itu juga boleh dapet kok trus edit-edit dikit

    ReplyDelete
  10. membebaskan yang kebablasan lebih tepatnya (khusus faham JIL) dalam lingkup keagamaan. Tapi untuk definisi lebih luas, boleh juga pake definisi dari wikipedia ini....

    ReplyDelete
  11. uehuehue iya iyaaa tau kok makanya di atas di tulis originaly posted by : Akmal.....huhuhu

    ReplyDelete
  12. pernah ketemu eh, ngeliat langsung ustad ismeidas... di dua acara. satu acara serius, satu lagi santai... tetep aja pengen ketawa dua-duanya....

    ReplyDelete
  13. heraaaaan...akmal sama indra gak pernah akur ya...???

    ReplyDelete
  14. heraaaaan...akmal sama indra gak pernah akur ya...???

    ReplyDelete
  15. hahhahaa see ??...emang beliau itu rada kurang cocok buat serius :p

    ReplyDelete
  16. yah maklumlah beliau itu masih sedikit labil...kkikikikikiki....



    *kabooorrr.......

    ReplyDelete
  17. Waduuh lengkap nih mas, jadi enak nyarinya.. tinggal klik aja
    makasih mas Indraaaa..

    ReplyDelete
  18. lucu juga... rame-rame menghujat islam liberal, tapi ga tahu substansinya... lebih lucu lagi, pintu dialog udah ditutup... kayak kebenaran miliki satu kelompok tertentu saja

    ReplyDelete
  19. haha emang islam liberal gak begitu kelakuannya?? tulisan saya dah berkali2 dikirim ke homepage JIL tapi gak ada yg nongol... ngakunya sih bebas berekspresi... jadi ya apa boleh buat saya ngomongnya disini... kalo hobi menghujat jgn marah donk kalo dihujat balik... (selamat menikmati)

    ReplyDelete
  20. eh iya lupa... apa maksudnya nih pintu dialog ditutup? setidaknya mas Pradana masih dibolehkan reply dan tidak dihapus oleh mas Indra (pemilik homepage ini)... masih mending daripada JIL yg gak pernah mau mengupload tulisan2 saya (walaupun yg ngirim bukan saya)... nah, itu baru namanya pintu dialog sudah ditutup...

    ReplyDelete
  21. bentuk ditutupnya pintu dialog itu adalah klaim sepihak bahwa islam versi kelompok tertentu sebagai paling benar dan islam versi lain, termasuk JIL, salah satunya, sebagai salah. sebagai catatan, saya sama sekali tidak ada hubungan dengan JIL. saya bukan orang JIL. tambahan, liberalisme islam di indonesia banyak model n ragamnya, tidak bisa serta merta dilekatkan secara agregat dengan JIL. liberalisme juga bukan selalu bermakna negatif. dalam sejarah islam, itu hal yang sama sekali biasa. jadi, ketika melihat hujatan yang bertubi-tubi kepada JIL atau liberalisme islam di indonesia pada umumnya, saya khawatir kritik-kritik tersebut bersifat ahistoris...

    ReplyDelete
  22. setahu saya sih saya tdk pernah mengklaim diri sendiri benar dan versi lain salah... saya cuma mengajukan argumen2 aja kok... samalah seperti yg dilakukan oleh JIL... semuanya berpropaganda kan? nah...

    ReplyDelete
  23. secara eksplisit tidak. tapi argumentasi anda dan kelompok anda sama dengan tidak memberikan ruang kepada penafsiran lain. ilmu islam itu banyak... tidak cukup hanya dipelajari di halaqah atau lewat LDK

    ReplyDelete
  24. bukannya tdk memberi ruang pada penafsiran lain... tapi sebatas pada penafsiran yg sudah diusung oleh JIL selama ini... kalo di kemudian hari JIL berubah sikap saya juga bisa berubah kok... lagipula JIL sendiri juga secara implisit senang sekali menyebut org2 yg tdk sejalan dengannya sbg "umat Islam dgn pemahaman tekstual", "jumud", "kolot", "anti-pluralitas", "anti kemajuan" dan sebagainya... jadi apa salahnya kalau saya membalas argumen2 mereka? toh saya membalasnya dgn cara yg baik dan intelek... sementara JIL (seperti yg saya buktikan dlm beberapa tulisan saya) tdk memelihara cara2 yg intelek seperti itu... jadi salahnya dimana?

    gini aja deh... JIL berpendapat, saya juga berpendapat... JIL menulis di homepagenya, saya juga boleh donk menulis di homepage saya... saya tdk merasa perlu berkoar-koar "saya yg benar, JIL yang salah!!!" buat saya itu tdk ada gunanya, buang2 tenaga dan menghancurkan harga diri saja... biarlah saya sampaikan pendapat2 saya, dan biarkan para pembaca menilai sendiri mana yg benar menurut mereka... toh saya tdk pernah menganjurkan hal2 yg ekstrem seperti "bakar kantor JIL", atau "ayo gebuki semua aktifis JIL"... wah insya Allah gak perlu deh cara2 seperti itu... beradu argumen sajalah... :))

    ReplyDelete
  25. Selamat beradu argumen, beda pendapat itu sah-sah saja dalam kehidupan berdemokrasi, yang penting tidak sampai berantem...jangan sampai kayak di Pakistan atau Irak, gitu aja....

    ReplyDelete
  26. haha gak ada yg berantem kok... :))

    ReplyDelete
  27. Fisik sih nggak, tapi berantem dialam maya gitu..hehehehe

    ReplyDelete
  28. ah nggak juga... kalo bertukar argumen dikatakan berantem, trus kapan pinternya donk?? :))

    ReplyDelete
  29. Saya kan gak bilang tukar argumen dibilang berantem lho, soalnya pernah sih ngadepin kayak gitu eh lama2 jadi debat kusir....ganti...(kayak radio panggil aja)

    ReplyDelete
  30. hehe kalaupun jadi debat kusir mudah2an bukan saya pelakunya... saya rasa selama masih melontarkan argumen2 yg baik dengan kepala dingin dan kata2 yg sopan tentu masih belum dikategorikan debat kusir... :))

    ReplyDelete
  31. Saya pernah baca buku yang dikeluarkan oleh JIL, tentang jilbab itu wajib ato tidak. Setelah saya baca saya malah jadi bingung, karena memang ilmu saya baru dikiiiittt sekali. Karena jadi bingung dan pusing saya serahkan pada saudara saya yg ilmunya lebih dari saya. Wah...wah....JIL emang membuat bingung nih dengan pemahaman yang sudah saya miliki sebelumnya.

    ReplyDelete
  32. kakak bintarie,
    Ari sih pe-de aja walau bacanya cuma terjemah Al-Qur'an. Jadi waktu Ari ke Montreal trus diceramahin sama Doktor Islamic Studies lulusan McGill bahwa di Canada jilbab itu boleh tidak wajib karena wanita dengan "all you can see" saja tidak akan diganggu, Ari cuexxx. Kalau dia bisa tidak percaya dengan Qur'an, sama donk, Ari juga boleh tidak percaya apa kata dia.

    Selama berdiskusi dengan manusia maka selalu ada ruang untuk berbeda pendapat, kecuali dengan satu orang, yaitu Rasulullah SAW. O ya, kalau Rasulullah SAW juga ditolak, maka jauh-jauh aja sama orang begituan, emangnya kita mau ikutan siapa kalau bukan ikut Rasulullah SAW. Ngikut dia? Tak u'u' yee.....
    Rie-

    ReplyDelete
  33. soal berbeda pendapat selalu ada dik, tapiiii apa yang dipaparkan kan pake dasar hukumnya tuh. Nah yang tidak aku mengerti nih..dasar hukumnya itu loh dik...maklum awam banget. Tapi kalo aku sih Lakum dinukum waliyadin aja deh..............
    aku ya dengan keyakinanku, biarlah orang lain dengan keyakinannya. Tapi itu bukan berarti selesai semuanya karena saya harus terus mencari ilmunya...

    ReplyDelete
  34. setuju sama asnani... kalo mrk gak percaya sama Qur'an itu hak mereka... kita jg punya hak utk tdk percaya sama mereka....

    lakum diinakum wa liyadiin juga benar, hanya saja ia harus dipahami bersama lima ayat sebelumnya.... jadi jgn sampe ayat keenam itu diistimewakan sementara lima ayat sebelumnya diabaikan... :))

    ReplyDelete
  35. Hehehehe...beda pendapat emang indah ya......
    Tapi kalo gus dur yang ngomong, kenapa jadi sebel ya?????
    kesannya gimanaaaaaa gitu.........eh pernah juga denger ulil ngomong di SCTV, sebel juga tuh.......kesannya gimanaaaa juga.....
    tapi makin kita tahu bagaimana cara berpikir banyak orang makin kaya rasanya....

    ReplyDelete
  36. Gimana kalo tulisan-tulisan Mas Akmal dan Mas Indra di bikin buku aja?

    ReplyDelete
  37. mas Akmal aja deh, saya kayanya belum :)

    ReplyDelete