Saturday, February 19, 2005

Pasangan dari-Nya


Cerita untuk teteh...



Bertahun-tahun yang lalu, seorang manusia berdoa kepada Allah untuk
memberikan dia pasangan, "Engkau tidak memiliki pasangan karena engkau
tidak memintanya", jawab Allah.



Tidak hanya dia meminta kepada Allah, dia juga menjelaskan kriteria
pasangan yang diinginkan.Dia menginginkan pasangan yang baik hati,
lembut, mudah memaafkan,hangat, jujur, penuh dengan damai dan sukacita,
murah hati, penuh pengertian,pintar,humoris, penuh perhatian.Dia bahkan
memberikan kriteria pasangan tersebut secara fisik yang selama ini dia
impikan.



Sejalan dengan berlalunya waktu, anak manusia itu menambahkan daftar
kriteria yang diinginkan dalam pasangannya.Suatu malam, dalam doa,Allah
berkata dalam hati manusia tersebut, "HambaKu,Aku tidak dapat memberikan apa yang engkau inginkan."



Dia bertanya, "Mengapa ya Allah?"



Allah menjawab, "Karena Aku adalah Tuhan dan Aku adalah Adil. Aku adalah Kebenaran dan segala yang Aku lakukan adalah benar."



Dia bertanya lagi, "Ya Allah, aku tidak mengerti, mengapa aku tidak dapat memperoleh apa yang aku pinta dariMu?"



Jawab Allah SWT, "Aku akan menjelaskannya kepadamu. Adalah suatu
ketidakadilan dan ketidakbenaran bagiKu untuk memenuhi keinginanmu
karena Aku tidak dapat memberikan sesuatu yang bukan seperti engkau.
Tidaklah adil bagiKu untuk memberikan seseorang yang penuh dengan cinta
dan kasih kepadamu jika terkadang engkau masih kasar, atau memberikan
seseorang yang pemurah tetapi engkau masih kejam, atau seseorang yang
mudah mengampuni; tetapi engkau sendiri masih suka menyimpan dendam,
seseorang yang sensitif, namun engkau sendiri tidak..."




Kemudian Allah berkata kepada manusia itu, "Adalah lebih baik jika
Aku memberikan kepadamu seseorang yang Aku tahu dapat menumbuhkan
segala kualitas yang engkau cari selama ini daripada membuat engkau
membuang waktu mencari seseorang yang sudah mempunyai semuanya itu...."




Pasanganmu akan akan berasal dari tulangmu dan dagingmu, dan engkau
akan melihat dirimu sendiri di dalam dirinya dan kalian berdua akan
menjadi satu....



Pernikahan adalah seperti sekolah, suatu pendidikan jangka panjang.
Pernikahan adalah tempat engkau dan pasanganmu akan saling menyesuaikan
diri dan tidak hanya bertujuan untuk menyenangkan hati satu sama lain,
melainkan untuk menjadikan kalian manusia yang lebih baik, dan membuat
suatu kerjasama yang solid. Aku tidak memberikan pasangan yang sempurna
karena engkau tidak sempurna. Aku memberikanmu seseorang yang dapat
tumbuh bersamamu."



Dedikasi untuk teteh yang akan melangkah ke fase yang lebih tinggi
dalam suatu hubungan antar anak manusia tanggal 27 Februari
2005.Mudah2an bisa jadi keluarga yang sakinah mawa'dah.Amin



8 comments:

  1. Hmmm
    bener kali ya :P
    thanx anyway :)

    ReplyDelete
  2. that's way i hate the word "divorce" cuz married is take and give not take it or leave it.......

    ReplyDelete
  3. mas indra:
    Pernikahan adalah seperti sekolah, suatu pendidikan jangka panjang. Pernikahan adalah tempat engkau dan pasanganmu akan saling menyesuaikan diri dan tidak hanya bertujuan untuk menyenangkan hati satu sama lain, melainkan untuk menjadikan kalian manusia yang lebih baik, dan membuat suatu kerjasama yang solid. Aku tidak memberikan pasangan yang sempurna karena engkau tidak sempurna. Aku memberikanmu seseorang yang dapat tumbuh bersamamu

    mas indra, kami, aku dan suami sepakat that marriage is a journey. it's not a destination. wedding is an event. sadly, so many people prepare for their wedding and not for their marriage. semoga mas indra dipasangkan oleh Allah dengan perempuan salihah.

    ReplyDelete
  4. Bener sekali pemahamannya, mudah2an bisa menjadi manfaat untuk yang sedang mempersiapkan pernikahan.Jazakillah atas doa nya ukhti, mudah2an bisa terkabul untuk saya :) dan juga semoga keluarga ukhti selalu dalam lindungan Al Muhaimin....

    ReplyDelete
  5. Kemudian Allah berkata kepada manusia itu, "Adalah lebih baik jika Aku memberikan kepadamu seseorang yang Aku tahu dapat menumbuhkan segala kualitas yang engkau cari selama ini daripada membuat engkau membuang waktu mencari seseorang yang sudah mempunyai semuanya itu...."
    ---------------------------------------------
    Kalimat beginilah biasanya yang paling sukar diterima oleh kita ....
    kita masih egois dengan mempertahankan keinginan kita....
    kita tidak tahu bhw yang kita lihat baik belum tentu baik buat kita dan belum tentu baik di mata Allah, begitu juga sebaliknya.
    thanks yah Mas Indra, udah ngingetin dengan jurnal ini...jd bs dipake bahan renungan..^_^
    Btw. aku minta ijin untuk copy dan aku kirim ke teman-2ku lewat imel gak..?
    kalo boleh.......... Thanks b4. :-)

    ReplyDelete
  6. Silahkan di copy...mudah2an bisa bermanfaat ya :)

    ReplyDelete
  7. Maturnuwun....................... Wah.. sangat bermanfaat ini Mas.. ^_^

    ReplyDelete
  8. This is so beautiful it makes me wanna cry... subhanallah

    ReplyDelete